//
you're reading...

schoolaholic

Creative Class Bersama Teman-teman Kreatif

Salah satu sesi kelas kreatif


KISS -1 (Kelompok Ilmiah Siswa SMA Negeri 1 Denpasar) Minggu lalu, 29 April 2012 mengajak siswa-siswi SMP se-Bali untuk mengikuti kelas kreatif. Kelas kreatif ini terlaksana bekerjasama dengan Komunitas Baca Gdebook dan Gdubrak.com #tetepnarsis. Kegiatan kreatif ini dilaksanakan di Ruang Multimedia SMA Negeri 1 Denpasar.

Pembukaan acara :))

Acara ini diawali dengan pembukaan oleh Kepala Sekolah SMA N 1 Denpasar. Kemudian dilanjutkan dengan field trip di SMA Negeri 1 Denpasar. Peserta bisa mengenal lebih dekat SMA N 1 Denpasar lho. Siapa tahu nanti bisa lanjut di sekolah ini juga.

Nah, kelas kreatif dimulai pukul 11.00 WITA. Kelas kreatif ini ditujukan untuk mengajak siswa-siswi SMP untuk lebih aktif menulis dan berani berbicara di depan umum. Ada dua materi yang di berikan yaitu “Menulis Kreatif” dan “How To Be a Good Speaker”. Materi yang diberikan difasilitasi oleh Komunitas Baca Gdebook. Yang spesial dari pelaksanaan kelas kreatif ini karna KISS-1 Denpasar tidak saja hanya memberikan materi tapi juga mengajak peserta semuanya untuk berlatih langsung. Mereka diajak untuk mencari informasi mengenai topik yang inginkan. Setelah itu peserta menulis dan mempresentasikan hasil karya mereka. Sungguh suatu aksi nyata.

Selain acaranya yang sudah asyiikk banget, saat makan siang tiba para peserta disuguhkan penampilan yang keren abiz dari “Teater Angin”. Mereka menampilkan musikalisasi puisi yang dahsyat, ditemani dengan instrumen yang sangat enak didengar. Duh, penampilan ini memberikan suasana baru dikelas ini.

Setelah penampilan Teater Angin, peserta diajak untuk masuk ke tahap selanjutnya yaitu praktek kelas. Pelaksanaan praktek kelas ini dilaksanakan di luar ruangan. Uniknya lagi para peserta yang berjumlah 63 orang itu dibagi menjadi 10 kelompok dengan nama-nama jajanan lokal. Jadi ada yang namanya Godoh, arem-arem, apem, klepon, terang bulan, etc… Unik kan? Anak-anak SMP yang berasal dari sekolah yang berbeda-beda itu ditantang untuk belajar bekerjasama dalam satu tim. Walaupun mereka belum saling kenal sebelumnya lho ya. Nah dari hasil diskusi mereka maka muncullah hasil tulisan – tulisan dan ide pemikiran yang kreatif. Dan tiba saatnya untuk membagikannya dengan temen lainnya. Yeahhh presentasi time.

Setiap perwakilan kelompok diminta untuk mempresentasikan yang mereka tulis di depan peserta lainnya. Terlihat ada yang masih gugup, namun ada juga yang tampak sudah fasif untuk berbicara di depan umum. Semuanya kreatif sekali ada yang presentasi dengan gaya orasi, ada yang bercerita, bahkan ada yang stand up comedy… wihhh sungguh luar biasa ^_^ *prokprokprok

Diakhir acara, dipilihlah tulisan terkreatif dan presentator terbaik. Untuk tulisan terkreatif diperoleh kelompok Terang Bulan dengan tulisan berjudul “Profil Ketua KISS-1”. Selanjutnya presentator terbaik diperoleh oleh siswa perwakilan SMP N 1 Semarapura dari kelompok Klepon B.
*Selamat ya bagi yang dapet juara, yang belum jangan menyerah ya…*

Yeay akhir acara peserta, panitia dan fasilitator foto bersama cheerrsss. Eits, tunggu dulu penasaran dengan tulisan-tulisan mereka? Nantikan ya tulisan mereka di gdubrak.com atau di komunitasgdebook.com .

gdubrak

awas licin, banyak ide mengalir

More Posts

baca artikel lainnya:

Pemenang Lomba Kebersihan SMA Negeri 2 Amlapura
Creative Class,(SMANSA) KISS-1
Ujian SMA kok dipake ‘Main’
Career Festival FE UI 2014
starlight 190x190
ad space

follow @twitgdubrak