//
you're reading...

event

Exploring Journalism

jurnalisweekPers Mahasiswa Universitas Udayana untuk pertama kalinya menyelenggarakan Bali Journalist Week 2013 pada 16-20 September 2013 di Bali. Acara ini mengusung tema Exploring  Journalism, diharapkan mampu mengeksplor banyak aspek yang terdapat di dalam dunia jurnalistik. Di dalam acara ini terdapat serangkaian acara yaitu Akademika National Talkshow, Community Exhibition dan  Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional bagi penggiat pers mahasiswa seluruh Indonesia.

Bali Journalist Week 2013 bertujuan bukan sekadar menciptakan kader penggiat jurnalisme kampus yang berkualitas. Namun, juga memberi kesempatan seluasnya untuk berbagai kalangan baik penggiat pers mahasiswa maupun sekadar berminat untuk mengetahui dunia jurnalistik melalui Akademika National Talkshow. Membuka kesempatan berjejaring dan berbagi ide melalui komunitas kreatif dalam Community Exhibition. Melalui wawasan, ilmu pengetahuan, jejaring yang didapat oleh peserta nantinya diharapkan dapat berkontribusi nyata di tengah masyarakat .

Akademika National Talkshow  mengusung tema “Ini Kisahku, Jurnalis Indonesia” akan diselenggarakan pada Senin, 16 September 2013 pukul 14.00 WITA di Lantai 4 Ruang Teater Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Menghadirkan, Ida Pandita Mpu Jaya Prema Ananda (dahulu dikenal sebagai Putu Setia, redaktur senior Majalah Tempo) dan Andreas Harsono (salah satu pendiri Aliansi Jurnalis Independen, penulis buku Agama Saya Adalah Jurnalisme) sebagai pembicara. Talkshow ini terbuka untuk umum dengan tiket seharga Rp 30.000,00. Community exhibition akan dilaksanakan pada waktu dan tempat yang sama dengan Akademika National Talkshow, terbuka kesempatan bagi komunitas untuk menjadi peserta dalam acara ini.

Acara utama dalam Bali Journalist Week 2013 adalah Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) mengusung tema “Jurnalisme Investigasi; Menggali Data, Menuju Fakta”. Pelatihan ini dilaksanakan mulai 16-19 September 2013 di Balai Pelatihan Graha Pertiwi, Badung dan pada 20 September 2013 melaksanakan city tour diseputar kawasan Badung dan Gianyar. Pemateri dalam pelatihan ini adalah Andreas Harsono dan Metta Dharmasaputra (jurnalis investigasi dan pemimpin redaksi KATADATA).

Untuk mengikuti PJTLN, terdapat beberapa persyaratan. Merupakan mahasiswa/i dari universitas negeri maupun swasta di Indonesia sekaligus anggota dari Lembaga Pers Mahasiswa. Menulis dan mengirimkan esai dengan tema Jurnalisme Investigasi Indonesia. Yaitu, peranan jurnalis terhadap kasus korupsi di Indonesia atau peranan jurnalis terhadap kasus kekerasan berlatar agama di Indonesia. 30 penulis esai terpilih berhak mengikuti PJTLN dan selanjutnya membayar biaya akomodasi sebesar Rp 500.000,00.

Contact Person untuk informasi lebih lanjut mengenai seluruh rangkaian acara Bali Journalist Week 2013: Ari Puspita (08179780443, @Ari_Aim), Candra Dewi (085792374635, @candramertha), Dharma Yanti (085737078813, @Dharma_Jellyfhi)

Email: pekan.jurnalistik@yahoo.com Twitter: @BJWeek2013

gdubrak

awas licin, banyak ide mengalir

More Posts

baca artikel lainnya:

Dukung Idolamu di Pemilihan Jegeg Bagus Bali 2012
Headbag Mob “Sebuah Gerakan Untuk Lingkungan”
Jadwal Parlemen Muda Indonesia
9th Hindu for Generation (HFG) KMH UI
starlight 190x190
ad space

follow @twitgdubrak