//
you're reading...

event

Headbag Mob “Sebuah Gerakan Untuk Lingkungan”

Yuhuu, sahabat gdubrak weekend ini udah pada tahu mau ngapain gak? Udah nggak usah bingung-bingung ayo ikuti gerakan Headbag Mob.

Headbag Mob Apaan tu?
Headbag Mob adalah sebuah gerakan/kampanye untuk mengajak masyarakat lebih bijak dalam penggunaan kantong plastik dan mengurangi penggunaannya yang berlebihan. Headbag Mob telah sukses diadakan di Bandung, Jakarta, dan Solo pada tahun 2012 lalu, kini giliran Denpasar yang dijadikan target pengurangan penggunaan kantong plastik. Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik bersama Youth Corner Bali dan didukung oleh Bank Mandiri menjadikan momen Hari Bumi untuk kampanye pengurangan penggunaan kantong plastik.

391005_10200619610268078_1416925924_n
Mengajak 800 pengunjung untuk menggelar aksi pengurangan kantong plastik secara bersama. Tujuan digelarnya Headbag Mob adalah untuk mengajak masyarakat mulai bijak dalam penggunaan kantong plastik. Salah satunya adalah dengan mengganti penggunaan kantong plastik dengan tas kain pakai ulang.
M. Bijaksana Junerosano, Koordinator Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik, yang juga perwakilan dari Greeneration Indonesia mengatakan, “Sejak kampanye Diet Kantong Plastik dimulai November 2010, saat ini mulai banyak pihak yang turut mengkampanyekan dan membuat kegiatan yang memiliki visi sama untuk mengatasi permasalahan kantong plastik yang berlebihan ini. Di tahun 2013 ini sudah mulai dilakukan konsolidasi dan komunikasi antar pihak yang memiliki inisiatif bertujuan dan bervisi sama tersebut, untuk saling bergandeng tangan bekerjasama, sebagai wujud kearifan lokal Indonesia gotong-royong, dengan menyatukan semua inisiatif tersebut dalam Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik. HeadBag Mob kali ini hanyalah salah satu contoh inisiatif untuk mengkampanyekan Diet Kantong Plastik.”

Kapan dan Dimana?
Acaranya dilaksanain di : Area Car Free Day Renon, Denpasar
Hari Minggu, 28 April 2013 Pukul 06.30 – 10.00 WITA

Gimana Caranya ikutan?
Caranya gampang banget, Tukarkan “Tas Plastik Bekasmu” dengan tas pakai ulang. Kemudian gambar sesukamu di tas pakai ulangMU dengan tema “Ekspresikan Wajah Diet Kantong Plastikmu”. Eits, acaranya belum berakhir sampai disitu lo. Yang paling seru bersama-sama melakukan mob dengan menggunakan tas pakai ulang tersebut dikepala.
Selain itu dalam aksi massal dengan melakukan mob, kampanye ini juga melakukan penandatangan petisi pay for plastic yang diinisiasi oleh Tiza Mafira, dimana petisi ini dibuat untuk mendorong peritel dan pemerintah dalam membuat sistem dan aturan pengurangan penggunaan kantong plastik, salah satunya adalah memberikan harga pada kantong plastik yang diberikan. Petisi yang ditargetkan terkumpul 100.000 tandatangan akan dibawa untuk melakukan pendekatan kepada peritel dan pemerintah, dimana pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan dijadikan target pertama dengan tujuan “Jakarta Bebas Kantong Plastik”. Diharapkan dari adanya petisi ini, baik pemerintah maupun peritel mampu bersama-sama mewujudkan Indonesia Diet Kantong Plastik.
Keren kan, gak mau ketinggalan berpartisipasi diacara sekeren ini kan? Acara kreatif yang berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan. Kapan lagi? Buruan ikuti!

Siapa aja yang Boleh Ikutan?
Mengajak Seluruh komunitas dan Masyarakat, Tua muda, laki perempuan, semuanya deh. Ayoo dukung gerakan ini !!!
Catatan Kecil :
– Pakaian bebas rapi/baju olah raga
– Diharapkan peserta datang tepat waktu dan membawa botol minum sendiri. (panitia menyediakan air minum refill di lokasi)
– Ingat bawa perlengkapan pribadi juga ya : sun block, obat-obatan, payung/jas hujan, dll

Penyelenggara :
Tentang Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik
Kampanye Diet Kantong Plastik yang diinisiasi oleh Greeneration Indonesia diluncurkan pada tanggal 31 Oktober 2010, bertepatan dengan pilot project penerapan standard operating procedure (SOP) Diet Kantong Plastik dengan Circle K di 6 kota besar seluruh Indonesia yang berlangsung dari bulan November 2010 hingga November 2011. Program ini telah mengurangi penggunaan kantong plastik sebanyak 8.233.930 lembar yang setara dengan +/- Rp897.498.370,-. Kampanye pun dilakukan secara aktif lewat media sosial dan jejaring komunitas untuk memperluas informasi dan kampanye pengurangan penggunaan kantong plastik. Sejak saat itu makin banyak pihak yang menerapkan kegiatan dan program yang memiliki tujuan sama, yaitu untuk mengatasi permasalahan kantong plastik yang berlebihan. Di tahun 2013, konsolidasi dan komunikasi antar pihak tersebut memutuskan untuk menyatukannya dalam Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik dengan ragam inisiatif kegiatan berupa: #headbagmob, #operasiplastik, #pay4plastic, #plasticdetox, #rampokplastik, dll. Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik didukung oleh banyak pihak yang menjadi working group untuk isu-isu strategis, yang terdiri dari Change.org, Ciliwung Institute, Count Me In, Greeneration Indonesia, Kreasi Daur Ulang (SiDalang), LeafPlus, The Body Shop Indonesia, WWF Indonesia, dan juga individu-individu yang punya misi sama, yaitu Indonesia Diet Kantong Plastik.
Tentang Youth Corner Bali
Youth Corner adalah media komunitas bagi masyarakat muda di Bali yang bermula dari keinginan agar pendapat masyarakat muda Bali dapat terdengarkan melalui sebuah media dan bermula pula dari keinginan agar masyarakat muda Bali tidak lagi berbudaya ‘koh ngomong’, maka Youth Corner membuat media yang dapat menampung aspirasi sekaligus kreativitas bagi komunitas & masyarakat muda Bali.
Kebutuhan masyarakat muda akan program kegiatan yang edukatif, inspiratif, kreatif dan positif yang dikemas dengan gaya anak muda semakin meningkat terutama di Bali. Untuk itulah Youth Corner berusaha untuk menjadi media yang memberi ruang bagi masyarakat muda Bali akan program pengetahuan yang berkualitas, memberi nilai tambah yang positif, serta agar menumbuhkan sikap kritis dan kreatif.
Youth Corner menjadi komunitas masyarakat muda bali yang selalu mengadakan program kegiatan yang positif, kreatif dan inspiratif dengan mengambil slogan “berbagi pengetahuan”.

Media Partner dalam acara ini :
Gdubrak.com, Balebengong.net, FBI FM
Info Lebih Lanjut :
Rahyang 0878-2778-0120
Lindia 08180 5570 169 / lindia.palupi@gmail.com / pin BB: 26EE4645
Putri 08786 0094 599 / putripuspitaningrum@gmail.com

Mau Tahu kehebohan Headbag Mob di Bandung bisa dilihat disini

gdubrak

awas licin, banyak ide mengalir

More Posts

baca artikel lainnya:

No More #Sadnite Yuk Malmingan Bareng-bareng..
Lomba-Lomba HUT Antropologi Udayana
Grand Final Jegeg Bagus Gianyar 2012
#Earnight2012 Yes, we are Golden! :D
starlight 190x190
ad space

follow @twitgdubrak