//
you're reading...

event

Jadwal Parlemen Muda Indonesia

Parlemen Muda-Indonesian-1

Hai kawan Gdubrak.com, ada kabar gembira nih! Parlemen Muda Indonesia hadir kembali. Gerakan nasional ini bukan hanya sekadar simulasi atau seminar tapi juga mengajak generasi penerus untuk melihat apa yang bisa dibenahi dalam politik domestik negeri tercinta.
Nah menarik kan, jadi kita diajak untuk lebih peka terhadap perpolitikan di negeri kita. Jangan serem dulu ya, ini nggak serumit yang dibayangkan lho. Gerakan ini dilaksanakan dibawah komando Indonesia Future Leaders, sebuah LSM yang bergerak dibidang pemberdayaan pemuda untuk perubahan sosial. Tertarik? Yuk simak lebih lanjut….

Nah, apa sih tujuan diadakannya gerakan ini? Jadi berdasarkan data LSI untuk pemilu 2014 diperkirakan bahwa anak-anak muda di nusantara sebanyak 50% memilih golput. Indonesia sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia (setelah India dan Amerika) mesti menyikapi permasalahan ini secara serius. Oleh karenanya, Parlemen Muda Indonesia berusaha menjawab tantangan ini dengan melakukan sebuah gerakan nasional dengan berbagai rangkaian acara didalamnya. Siapkah kawan Gdubrak.com menjawab tantangan ini ? Siap dong pastinya!

Kegiatan Parlemen Muda Indonesia ini menyasar kepada anak-anak muda usia 17 – 24 tahun di seluruh Indonesia. Seleksi dilakukan untuk memilih 34 anggota parlemen muda. Secara rinci berikut merupakan rangakaian acara Parlemen Muda Indonesia :

- Roadshow
Roadshow mengenai Parlemen muda Indonesia akan dilaksanakan di 10 kota di Indonesia yaitu kerjasama dengan future leader di 5 kota (Bandung, Lampung, Jogjakarta, Bali, makassar) dan kerjasama dengan institusi independen di lima kota lainnya (Aceh, Malang, Kupang, Manado, dan Balikpapan).

Dalam roadshow ini dijadwalkan berisi dua kegiatan utama yaitu dialog pemuda dan parlemen Muda dimana peserta dapat melakukan simulasi salah satu sidang yang dilakukan DPR pada umumnya.

- Seleksi Parlemen Muda
Dalam seleksi Parlemen Muda akan dipilih 34 orang. Seleksi ini dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu :

A. Fit and Proper Test
Kriteria dalam tahapan ini yaitu 1) memiliki wawasan yang cukup terkait provinsi yang diwakili atau isu yang ingin diangkat. 2) memiliki komitmen untuk mengadakan konsultasi regional serta mengikuti seluruh proses selanjutnya. Pengalamam non-akademis calon anggota juga menjadi nilai tambah.

B. Kampanye : Petisi
Pada tahap ini calon anggota harus membuat sebuah petisi online melalui http://change.org dan selama satu bulan, kesuksesan ‘kampenye’ berbasis isu ini akan diukur secara kuantitatif (jumlah vote) maupun kualitatif.

C. Wawancara
Setelah 68 calon anggota terpilih dari 170 petisi terbaik dihadapkan dengan wawancara dengan setidaknya dua Direktur Kesekretariatan Parlemen Muda. Bagian ini akan mengukur kesiapan peserta secara langsung.

- Pertemuan Akbar Meet The Leaders dan Majelis Pemuda Indonesia 2014
Meet the Leaders akan menghadirkan setidaknya 20 indovidu terbaik Indonesia dari berbagai latar belakang keahlian dan kontribusi politik, ekonomi, maupun sosial untuk duduk dalam ruangan, berbicara, sekaligus mendengarkan aspirasi pemuda Indonesia melalui diskusi terbuka.

Tema “Temu Pemimpin” tahun ini : “Membangun Indonesia Melalui Suara Pemuda”
Pertemuan ini akan dibagi menjadi 3 sesi yaitu 1) PEKA, 2) PAHAM, 3)PUTUSKAN yang akan diisi dengan 3 pembicara.

Seperti tahun sebelumnya, “Temu Pemimpin” dikenal dengan “ Meet the Leaders” dihadiri oleh beberapa figur publik seperti Joko Widodo, Anies Baswedan, Marshanda, Dik Doang dan sebagainya.

Wah seru banget ya acaranya, terus kapan nih waktunya? Penasaran kan, ini dia waktu pelaksanaan kegiatan “Parlemen Muda Indonesia”

Agustus – September 2013 : Roadshow 10 kota di Indonesia
13 Agustus 2013 : Seleksi tahap 1 (submisi berkas dibuka)
30 September 2013 : Seleksi tahap 1 di tutup
6 Oktober 2013 : Pengumuman 170 kandidat terpilih
14 Oktober 2013 : Seleksi tahap 2 (submisi petisi dan pemberian suara dimulai)
8 November 2013 : Pemberian suara petisi ditutup
10 November 2013 : Pengumuman 68 Kandidat terpilih
11-24 November 2013 : Seleksi tahap 3 (wawancara)
30 November 2013 : Pengumuman 34 Anggota Parlemen Muda terpilih
1 Desember 2013 : Distribus materi Majelis Pemuda
1-30 Desember 2013 : Konsultasi regional di 34 provinsi
30 Desember 2013 : Submisi kertas posis
1-7 Januari 2014 : Pra-negosiasi online
25-31 Januari 2014 : Pertemuan Akbar Meet The Leaders dan Majelis Pemuda Indonesia 2014

Udah gak sabar kan jadi parlemen muda terpilih, Ayo buruan Ikuti seleksi dan roadshownya di 10 kota terpilih di Indonesia. Untuk Informasi :
Twitter : @parlemen_muda
Facebook : http://facebook.com/parlemenmuda
Website : http://parlemenmuda.org
Email : info@parlemenmuda.org
Phone : +62 813 801 400 91

gdubrak

awas licin, banyak ide mengalir

More Posts

baca artikel lainnya:

Acara Seru! Children and Earth :D
Pre-Event : Sunday Market, Garage Sale, and Food Bazaar
Deskomvis Itu Apaan Sih?
Bali Emerging Writers Festival 2013 yang Amazing!
starlight 190x190
ad space

follow @twitgdubrak