//
you're reading...

review

Kata Nosstress Soal Diri Mereka

 

Nosstress. Tiga anak muda gila dari Bali menelurkan album dengan tajuk Perspektif Bodoh. Pernah diremehkan dalam bermusik, termasuk diusir oleh Kepala Sekolah mereka dulu,  Nosstress membuktikan kualitas di album ini. Diluncurkan sejak Oktober 2011 kini sudah laku berapa keping ya? Ulasan soal album mereka bisa disimak di sini.

Yak, inilah tiga pemusik sekaligus komedian di atas panggung, Nyoman Angga, Gunawarma Kupit dan Cok Bagus Pemayun. Nyoman Angga pernah kuliah di Sekolah Perhotelan Bali, Kupit pernah kuliah di New Media, dan Cok di Fakultas Hukum Unud.

Tim Gdubrak mengirim sejumlah pertanyaan di tengah jadwal manggung mereka yang padat (halah!). Tentang album perdana mereka, tentang lirik dan usaha sampingan mereka. Simaak yaaa…

Ada yang menyayangkan lagu Tanam Saja tidak dimasukkan ke dalam album Perspektif Bodoh. Padahal, lagu ini sangat kuat untuk menjadi  hits. Kenapa?

Karena eh karena lagu tanam saja tercipta ketika pembuatan album Perspektif Bodoh sudah kelar dan siap diproduksi. Jadi memang waktu sangat mepet untuk memaksakannya masuk ke dalam album. Walaupun terkadang yang dipaksa paksa itu nikmat :)

Bisa kalian jelaskan proses kreatif dalam pembuatan album perdana?

Prosesnya berlangsung lumayan lama. Kami mengumpulkan materi semenjak awal membentuk Nosstress. Sedikit demi sedikit akhirnya terkumpul 11 lagu yang masuk dalam album. Sebenarnya ada beberapa lagu lagi yang kami tidak masukkan ke album ini.

Kami banyak belajar dari proses pembuatan album pertama ini. Karena ini kali pertama kami masuk studio rekaman. Masih banyak bingungnya. Apalagi kami tidak memiliki manajemen atau apalah itu namanya. Semua proses produksi dan launching pun kami urus sendiri, ada bantuan teman-teman juga. Memang melelahkan tapi pada  akhirnya itu jadi fondasi untuk meningkatkan kemampuan kami. Tidak hanya bermusik tapi segala aspek yang mendukung musik tersebut.

Ada yang bilang kalian sangat terinspirasi oleh Raoul Wijffels One Dollar For Music. Seberapa kuat dia mempengaruhi kalian?

Raoul Wijffels

Sejak awal terbentuk Nosstress, kami banyak mencuri ilmu secara legal dari Raoul. Bagi kami dia guru yang hebat. Secara musikalitas dia berpengaruh besar serta mampu mengisi lubang dalam proses kreatif kami. Tapi inspirasi kami sebenarnya adalah Donal Bebek.

Lirik kalian terkesan sederhana dan apa adanya. Apakah kalian memang sengaja tidak membuat lirik yang metaforis dan puitis?

Kami akui agak susah menulis lirik yang puitis. Kami cenderung ingin isi lagu itu lebih mudah dimengerti oleh pendengar. Yang terpenting adalah makna dari lirik itu, apa yang ingin kita sampaikan dan bagaimana itu bisa berkontribusi bagi pendengar musik kami. Tapi ada kalanya kami selipkan sedikit kata-kata puitis di dalamnya. Tergantung mood waktu menulis aja sih.

Arti musik bagi kalian seperti apa?

Musik bukan hanya soal bunyi yang keluar tapi apa yang ada di hati dan apa yang kita pikirkan.

Lagu terbaik sepanjang masa menurut kalian

Kupit: Kusir Dokar

Man Angga: Kenyem Manis dari Yanse (Keduanya lagu Bahasa Bali)

 

Siapa musisi yang menjadi inspirasi kalian? Alasannya?

Jack Johnson, karena musiknya santai dan lirik-liriknya sarat makna.

Siapa musisi Indonesia yang menurut kalian punya masa depan musik
bagus?

Wukir Suryadi

Ceritakan dong soal usaha sampingan kalian apa aja? itung-itung promo nie :)

Kupit: Saya sudah tidak punya usaha sampingan alias bangkrut. Sekrang fokus di musik saja. Sesekali mencari celah bisnis di bidang lain.

Man Angga: Saya belum punya usaha pasti, karena sedang bangkrut. Gara-gara perbaiki motor. Ngapain nanya-nanya? Mau ngasi minta duit?

Cokorda Bagus Pemayun: #eh?? Aku kan Man angga? Tanya sendiri nae sama Cok!

nosstress bersiap manggung, menunggu aba-aba MC

*foto oleh Esha Satrya

gdubrak

awas licin, banyak ide mengalir

More Posts

baca artikel lainnya:

hari #1 Children and Earth
Bernyanyi dengan Hati, Selamatkan Bumi #2 Children and Earth
LENGKUNG LANGIT (Album Piringan Hitam)
Oleh-oleh Hari Kemerdekaan
starlight 190x190
ad space

follow @twitgdubrak