//
you're reading...

chitchat

Ketika Ketemu Razia dan Ditilang Polisi

Pernah kan ditilang polisi? Berhadapan dengan polisi memang tidak menyenangkan.Kadang, ada beberapa oknum yang memanfaatkan ketakutan masyarakat kepada aparat. Apalagi kepada masyarakat yang lemah. Ujung-ujungnya ada pemerasan dengan dalih tertentu.

Nah, kali ini Gdubrak.com akan bercerita tentang hal yang sebaiknya kamu lakukan ketika harus bertemu dengan razia dan pada akhirnya ditilang oleh polisi. Eit jangan nyogok ya. Nah,langkah apa yang mesti kamu perbuat saat berhadapan dengan polisi? Simak yaa…

1. Berhentilah dan tunjukkan kelengkapan kendaraan
Sedang jalan-jalan enak sama gebetan, eh ketemu razia. Selengkap apapun surat kendaraan, pasti kamu akan tetap deg-degan ketika berhadapan dengan polisi. Maklum, ketimbang merasa aman, masyarakat lebih sering merasa terintimadasi ketika bertemu aparat. Nah, kamu nggak usah takut. Hadapi saja petugas. Polisi, seperti slogan yang ditempel dimana-mana adalah pelindung, pelayan dan pengayom masyarakat.

Ketika sudah berhenti, petugas pasti akan menanyakan kelengkapan surat-surat kendaraan. Tunjukkan SIM dan STNK. Kalau ketemu petugas yang ramah, mereka akan mempersilakan kamu jalan dan melanjutkan kencan dengan gebetan. Tapi petugas yang rese, pasti akan mencari kesalahan kamu. Entah itu plat kendaraan, spion, lampu sein atau lupa menyalakan lampu (untuk sepeda motor). Jika merasa benar, kalian nggak usah takut.

2. Jika ditilang, tanyakan kesalahan dan silakan berdebat

Jika petugas menilang kamu, tanyakan kesalahan. Pasal apa yang dilanggar dan suruh mereka menunjukkan peraturan yang kamu langgar. Ingat, jangan pernah merasa inferior ketika bertemu dengan petugas. Tunjukkan bahwa kamu juga paham hukum dan tidak bisa dipermainkan. Gdubrak.com beberapa kali berdebat dengan polisi, hendak menilang dan nggak jadi. Pada akhirnya mereka minta maaf.

Kuncinya, jika benar, jangan ragu untuk berdebat. Kalau perlu sisakan ruang bagi mereka untuk melakukan kesalahan. Petugas yang kurang ajar, ujung-ujungnya pasti akan minta suap. Nah, kalau mereka melakukan ini, ini bisa jadi peluru untuk memberikan pelajaran kepada mereka. Terlepas kamu salah atau tidak, kamu punya peluang untuk memalukan petugas yang kelakuannya minor kayak gini.

3. Ingat, jangan nyogok!
Jangan sekali-sekali menyogok petugas. Kalau memang salah, ya akui kesalahan dengan jantan dan (betina). Menyogok petugas bukan hanya merugikan dan merusak mental kamu, ini juga tidak mendidik aparat untuk berperilaku jujur. Bukankah, korupsi yang miliaran rupiah selalu diawali dengan korupsi yang nilainya ribuan? Korupsi dan nilainya itu adalah soal kesempatan dan nilai saja.

Jika kamu masih mencintai bangsa ini, yuuuk berantas korupsi sejak dini. Salah satunya, ya tidak menyuap petugas. Kamu juga belajar untuk melatih mental dan kejujuran sejak dini. Ingat, negara yang kita cintai ini bisa tegak jika kejujuran dilakukan dari hal-hal yang sederhana dan sepele. Eh, kamu bukan sok mengajari yaa…

4. Jika ditilang, minta surat tilang warna biru

Nah, buat yang memang bersalah dan ditilang, kalian akan memiliki dua pilihan surat tilang, warna merah dan warna biru. Tahukah bedanya? Hmmm, pasti banyak yang tidak tahu ya. Baiklah, Gdubrak.com akan menjelaskan perbedaan surat tilang warna biru dengan warna merah.

Surat tilang warna biru berarti kamu mengakui kesalahan yang dilakukan. Pasrah istilahnya. Nah yang ini prosedurnya gampang kok. Setelah kamu mendapatkan surat tilang, kamu tinggal membayar di ATM lewat rekening bank. Dendanya tidak lebih dari 50 ribu kok. Setelah membayar tilang, kamu tinggal membayar bukti pembayaran itu ke Polsek di mana kamu kena tilang. Gampang kan? Prosedurnya cepat dan uangnya masuk ke rekening negara, tidak masuk ke oknum tertentu. Persoalan apakah uang negara dikorupsi atau tidak, kita bahas lain kali yaah.

Kalau surat tilang warna merah, berarti kamu tidak mengakui kesalahan yang dilakukan. Prosedurnya resminya sih, kamu harus sidang di pengadilan. Nah, inilah yang sering dipaksakan oleh polisi untuk kamu terima. Mereka sering memaksa kamu untuk memberikan surat tilang warna merah. Modusnya, kamu pasti nggak mau repot dong ke pengadilan? Petugas ngehek akan menawarkan ke kamu menitipkan uang tilang ke mereka.

Tentu saja, penitipan ini nggak gratis. Mereka akan minta lebih. Nah, repot kan? Tapi kalau kamu memang pengen tahu dan ada waktu untuk mengikuti sidang, bolehlah kamu ikuti prosedur ini. Lumayan kan kamu dapat pengalaman sidang. Syukur-syukur kamu bisa menang di pengadilan lawan polisi. Pasti menghebohkan dah tuh berita. Heheheh.

Nah, sudah tahu kan apa yang harus dilakukan kalau ketemu razia dan proses tilang? Sebenarnya ini semua tujuannya baik. Mengajarkan masyarakat untuk disiplin berkendara dan berlalu lintas. Jika semua disiplin, keamanan dan kenyamanan di jalanan juga terjamin kan? Tidak repot kok kalau mau patuh..

gdubrak

awas licin, banyak ide mengalir

More Posts

baca artikel lainnya:

Biar Main Twitter Makin Asyik
Yang Bisa Kamu Lakukan di Tahun Baru
Lima Jenis Orang yang Harus Dihindari Saat Berkendara
Tips Memilih Jurusan Kuliah
  • Korban Tilang

    Stuju Mbak Mas..
    Info Surat tilang Biru sangat bermanfaat sekaligus mencerdaskan bangsa

    waspada polisi tidur

  • http://www.facebook.com/made.tomtom Made Kris TomTom

    gueh langganan tilang

    • GungWs

      jauh2 ke karangasem kena tilang juga ya!? :))) tiket habis!

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=1218902500 Arya Mahardiawan

    yakin tu “Dendanya tidak lebih dari 50 ribu”

    itu biasanya pelanggaran apa aja???

  • http://twitter.com/kadekdoi Kadek Ridoi Rahayu

    Intinya kalo kena tilang jangan takut dulu, apalagi sama seragam….yg terpenting nambah informasi dan staycool. yg paling penting yaa lengkapi diri dg surat2 dan ketentuan yang ada…
    duh….bayar tilang nie uda kayak rahasia umum aja… kalo alasanya sih katanya takut dan malas rempong…
    btw, belom pernah kena tilang neeh gue (#sombong)…kalo kena imbas tilang orang lain sih pernah *Lhooooo Kok Malah Curhat*

  • http://www.facebook.com/rikardo.ardo Rikardo Ardo

    pertanyaan nya berapa no rekeningnya?

  • ayunda

    knp minta surat tilang biru atau putih gak dikasih ya?, bingung sendiri, apa mentang mentang masih pelajar SMA yang agak sok tahu ya? :D

starlight 190x190
ad space

follow @twitgdubrak