//
you're reading...

delicious

Lezatnya Kue Putu. Yummmi…..

Jajanan ini mungkin sudah agak jarang ditemui. Namun jika kita bisa sedikit lebih jeli, makanan ini sebenarnya ada di sekitar kita (wihh udah kayak apa gitu ya… ?). Yaaaa, inilah kue putu! Kue putu biasanya dijual oleh pedagang keliling, sambil mengayuh sepeda mereka menjajakan hidangan ini. Yang lebih mencirikan dari penjual ini karena ketika ia lewat akan terdengar suara angin yang tertahan. Puuuttt puutttt putt….. Sebenarnya ini pula yang menginspirasi para tetua kita untuk menamai makanan ini sebagai kue putu.

Baiklah bagi yang belum pernah makan kue, Gdubrak.com akan bercerita tentang isi kue ini. Kue putu dibuat dari tepung beras dan sedikit tepung tapioca. Keduanya dikukus terlebih dahulu. Untuk mempertajam rasa dan mempercantik tampilannya, kue dicampur dengan daun suji. Tujuannya agar kue berwarna hijau. Setelah itu, dengan pipa kecil/bambu (untuk cetakan) diisi dengan tepung ini setengahnya. Setelah itu diberi sedikit gula merah dan ditimbun lagi dengan tepung. Pipa/bambu itu dikukus lagi. Jadi deh kue putu. Agar lebih nikmat biasanya ditambahkan dengan parutan kelapa. Hmmmm yumi….

Setelah jadi, aroma menguar dari kue ini tak segan segan merongrong perut. Begitu digigit terasa kelembutan kue ini. Rasa manis terasa spesial dari gula merah yang digunakan. Hmmm lumer banget deh di mulut. Dijamin sekali makan bisa ketagihan sampai sampai nggak terasa makan lima. Hehehe…

gdubrak

awas licin, banyak ide mengalir

More Posts

baca artikel lainnya:

Dorayaki Kini Hadir di Denpasar Lhoo…
Pisang Enaknya Dijadiin Apa, Ya?
Kue Mangkuk Madu
Cerita Unik di Balik Barbecue (BBQ)
starlight 190x190
ad space

follow @twitgdubrak