//
you're reading...

talent

Martin Dano: Foto Sama Pacar Saja Masih Editan

Sakit uluhati ini!

Sakit uluhati ini!

Hai Brakz! Akhirnya kami turun gunung lagi untuk menyebarluaskan inspirasi penuh konspirasi dari pemuda pemudi Bali masa kini. Di awal tahun ini (Hah awal tahun? Sudah puasa edisi #TalentGdubrak berapa bulan Brakz?) Oke, jadi gini.

Beberapa bulan ini kehidupan kami terusik dengan adanya seorang remaja (ceilee remaja, geneRasi Manis Manja) yang katanya punya kesaktian dan sok asyik. Mengaku “Young and Dangerous” Mr. Dano Junior, namanya, telah berhasil membuktikan eksistensinya dalam dunia perpotrekan. Banyak tokoh nasional dan internasional yang telah jadi korbannya. Salah satunya adalah tim internal Gdubrak.com seperti dalam gambar di bawah ini:

 Caption: Tahukan siapa tokoh di atas? Ehhh…yang cewek sudah pasti terkenal ya “Dian Sosro” yang cowok adalah…eng..ing…eng….. “Kamu tahu siapa” (Bukan pengusaha Lele atau Pengusaha Batu Bara)


Caption: Tahukan siapa tokoh di atas? Ehhh…yang cewek sudah pasti terkenal ya “Dian Sosro” yang cowok adalah…eng..ing…eng….. “Kamu tahu siapa” (Bukan pengusaha Lele atau Pengusaha Batu Bara)

Karena si Mr. Dano Junior telah menjadikan tim kami sebagai salah satu korbannya, maka kami rasa perlu untuk mencuatkan kasus ini kepada khalayak umum. Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah mencarikan Mr. Dano Junior jodoh agar si dia bisa lebih sibuk pacaran daripada sekadar jahilin orang. Simak wawancara kami bersama si tersangka, yang juga pernah menjadi penyiar ‘radio acik’ ini.

Hai Mr. Dano Junior, kami sebut Nanok saja ya biar lebih akrab (SNSD eh SKSD) sejak kapan menekuni dunia fotografi? Bisa diceritakan asal mula tertarik dengan dunia foto? Apa model foto pertamamu?
Hae Rakyat..
Sejak SD, tiap mau piknik (selalu ke Bedugul) pasti ngrengek minta tustelnya diisi film. biasanya yang isi 36 bonus 2.. hahaha.. Model pertama saya ya teman-teman SD saya.

Apa sih latar belakangmu sehingga bisa mencetuskan ide “ #pfffoto #closeenough #withfamouspeople” di media sosial?
Ya awalnya emang suka iseng buat lucu-lucuan. Kesannya biar ngebro aja ama selebritis. Kan saudara saya di Kupang jadi bangga kalau ada keluarganya gaulnya ama artis. Haha.
Dan kalo editan soal temen yang mirip artis itu, cuma meyakinkan orang-orang saja kalau korban saya itu emang mirip artis tertentu seperti yang saya editin. *sapa tahu mereka bisa jadi peran pengganti kalo tiba-tiba artisnya berhalangan*

Apa tanggapan “korban pfffoto” atas “karyamu”? Bisa cerita kejadian lucu seputaran ide gilamu ini?
Ya sejauh ini korban-korban saya nggak bisa mengelak atas editan itu. Alhamdulilah foto – foto artis yang saya dapet juga pose dan expresinya lagi mirip mirip nya ama si korban.. (((alhamdulillah))) hahaha..
Mereka biasanya cuma ketawa dan diketawain sama yang lain. *ampuraaaaa :p

Caption: salah satu “korban #pfffoto #closeenough #withfamouspeople @eshasw (talent gdubrak edisi: http://gdubrak.com/dosen-gaul-idaman-mahasiswa/)

Caption: salah satu “korban #pfffoto #closeenough #withfamouspeople @eshasw (talent gdubrak edisi: dosen gaul  idaman mahasiswa)

Ini emang uda mutlak mirip nya, dari zaman Esha jd mahasiswa baru semua pada ngira Dimas Beck jadi anak kampus ISI. Saya sampe dikira Raffi Ahmad gara-gara temenan ama Esha. Pernah ada yang nanya, “Wahh. ini BBB ya?” Trus kita biasa jawab. Bukan. Kita Duo Ular.. gituuu..

Obama ikut ngelatih marchingn band

Obama ikut ngelatih marchingn band

Nah, foto di atas tuh kayaknya akrab banget Nok, gimana sih caranya bikin?
Awalnya saya biasa nentuin kira-kira foto mana yang cocok di edit. Liat dari ekspresi orang yang ada di dalam foto, trus cari ide kira–kira bisa dibuatin cerita apa foto itu. Terus pas dapet ide nya, pikirin lagi kira–kira orang penting siapa yang pas buat di gabungin di foto itu. Kalo uda nemu, cari deh di Google. Cari pose si artis yang kira–kira pas ama ide cerita tadi. Abis itu dieditnya di photoshop, crop sana sini, atur warna dan pencahayaan masing-masing foto biar kliatan sama.

Oke kita balik ke kehidupan nyata dulu ya. Dengar bocoran, katanya kamu sempat menjadi “The Best Employee of the Quarter IV 2013” di salah satu hotel ternama di Bali. Bisa cerita apa sebenarnya itu?

Hahaha.. Yang ini sebenernya nggak usah ditanya. Itu karena dari 121 kariawan hotel, 120nya uda sempet dapet gelar itu. Nah saya yang terakhir dapet. Gitu.

GDUBRAK!

(Biar pertanyaannya sekelas selebritis) Gimana sih cara kamu membagi waktu antara menjadi karyawan hotel dan menekuni hobi fotografi khususnya untuk kelangsungan #pfffoto #closeenough #withfamouspeople
Kerja di hotel itu teraturrr banget. Yah sedikit flat jadinya. Ini itu udah ada pakemnya, jadi untuk berimajinasi agak terbatas. Makanya hoby di luar kerjaan itu bisa menyeimbangkan. Dulu foto–foto, trus gambar–gambar. Sekarang, lagi seneng posting editan kaya ini biar skalian menghibur temen–temen yang liat..

Ini kan lagi zaman pemilu gini ya, ga kepikiran untuk nyari kerjaan musiman? Ya kali aja ada calon legislator yang ngebet pengen ‘difoto’ bareng dengan tokoh penting tuh?
Engga! Janji-janji mereka aja belum tentu ditepati. Kalau dibuatin foto bareng pejabat tinggi biar kelihatan akrab gitu yang ada malah bikin kebohongan publik. Jangan! Sekali lagi jangan! Hahahaha

*lha itu foto Dian Sosro apa kabar kak? Cabutin bulu kakik kak Nanok*

Melihat kesuksesanmu di masa muda ini, sejauh apa orang-orang terdekat mendukung karirmu?

Kalo di project iseng-isengan ini mereka ngedukung buat kasi ide artis siapa lagi yang mau di edit,. Atau temen mana lagi yang mau di isengin. Tapi biasanya si pemberi ide malah jadi korban selanjutnya. Hahaha. Kalo karir profesional sih didukung banget dari keluarga sampe temen–temen, aku mereka. butiran debuuu.. oh~

(Masuk ke pertanyaan pamungkas) Berhubung sekarang lagi dewasa nak nganten. KAPAN NIKAH?
Aduhh. Pertanyaan ini bikin saya punya ide buat edit si Dian Sastro KW 12 ini pose nikah ama Soetan Batoegana.. hahahaha *buka photoshop*
Nikah ntaran aja. Foto bareng pacar aja masih berupa editan. :(((

*Duh, ciyan lik nih jomblo*

Terakhir, apa pesanmu untuk anak muda Bali?
Kreatif itu nggak ada pakem nya. Bebas merdeka. Dalam hal foto pun, dari hape Cina dual SIM juga uda canggih kamera nya. Jangan takut buat berbagi. Yang bagus bisa dapet pujian, yang pemula bisa dapet masukan, yang menghibur bisa dapet berkah bikin orang ketawa. Hehe

Baiklah, demikian dulu wawancara kami dengan Mr. Dano Junior, jika kalian ingin berkenalan lebih lanjut silakan berikan komentar di tulisan ini. Segala bentuk PDKT dengan #TalentGdubrak dikenai biaya pajak perkenalan sebesar 10% dari jajan saat ngedate pertama.
Salam Gdubrak!

BIODATA SINGKAT
Nama lengkap: Marthen Luther Dano
Akun fb: Marthen Luther Dano Jr.
Akun twitter: Danojr_
Boleh diisi akun sosmed yg lain: IG : MDANO_JR
Hal yang paling disukai: Makan
Hal yang paling dibenci: Tokek
Tokoh idola: Martin Luther King Jr. & Martin Luther
Aktivitas sehari-hari: Bangun tidur,nangis 5 menit (untuk kesehatan mata) ngantor,pulang,sebelum tidur nangis lagi 7 menit (kali ini karena sedih mikirin kondisi republik ini)
Prestasi: bikin orang betah temenan sama saya bisa dibilang prestasi kan ya?? ?

Terakhir, karya Nanok yang kami dedikasikan khusus untuk juragan @starlight_bali

US President Barack Obama and his daught

(Seluruh Foto dalam tulisan ini adalah milik Marthen Dano)

gdubrak

awas licin, banyak ide mengalir

More Posts

baca artikel lainnya:

Rika Yuniorika: Berawal dari Sherina, Berakhir di Prancis
Nggak Usah Malu Nyanyi Bali
Akhirnya Lepas Juga Dari SMP
Dosen Gaul Idaman Mahasiswa
starlight 190x190
ad space

follow @twitgdubrak