//
you're reading...

music

Musisi Indie Hendak Kalahkan Penyanyi Televisi

Radio Killed the TV Star

RADIO KILLED THE TV STAR. Judul album kompilasi satu ini memang terdengar sangat unconfession dan nyeleneh. Bukan sekadar judul yang tak biasa, album kompilasi naungan label Organic Records ini juga menyuguhkan musik yang asyik untuk didengarkan. Nyaris berbeda dengan yang diminati sebagian pecinta musik Indonesia. Proyek ini menyatukan 12 musisi independen dan diluncurkan pada Kamis, 8 Maret 2012 di The Basement Swiss Bell Hotel, Kemang.

Keramaian di Kemang, malam itu dahsyat abis. Peminat musik indie membludak, cuy! Bagaimana tidak, selain peluncuran album yang bekerja sama dengan Trax FM, ada penampilan beberapa musisi yang tergabung di album ini.

Acara dibuka dengan penampilan Rock N Roll Mafia. Penonton merapat ke barisan depan untuk ikut menyaksikan single Blackheart. Musik rock yang diblending dengan elektonik musik terdengar amat catchy dan menarik. Tidak sedikit yang ikut berdendang dan menyanyikan lagu-lagu mereka. Performer berikutnya The Upstairs, membuat suasana mulai memanas. The Upstairs tampil sangat enerjik dan retro abis. Suasana semakin ramai ketika The Upstairs membawakan single terbarunya Percakapan. Lagu ini menjadi bagian dari album kompilasi ini. Usai penampilan The Upstairs, Organic Records memutar video tentang komentar para musisi dan penyiar radio tentang radio dan album Radio Killed The TV Star.

Endah N Rhesa, duo romantik yang menjadi performer berikutnya ikut membawakan single terbaru Liburan Indie. Mereka juga membawakan hitsnya When You Love Someone yang ikut membawa penonton untuk berdendang bersama dalam lagu super galau itu. Uuuh, jadi pengen peluk pacar (tetangga #plak!).

Maliq N D’essentials yang tampil mendadak membuat fans mereka, kebanyakan cewek (dan cantik) langsung memenuhi barisan terdepan. Berlari dan Tenggelam, single mereka di album ini dibawakan secara apik. Tak sampai di sana, Maliq pun ikut mengajak Sir Dandy untuk menyanyikan lagu Juara Dunia. Cihuy deh!

Di lagu berikutnya, Maliq mengundang kedua teman satu manajemen mereka Dimas dari Twenty First Night dan Jemima membuat crowd malam itu semakin pecah. Launching ditutup dengan lagu Pilihanku. Peluncuran Radio Killed The TV Star malam itu memang sangat sayang dilewatkan.

Album yang melibatkan musisi-musisi dari berbagai label dan manajemen yang memiliki kesamaan visi dan misi dalam bermusik. Musisi saat ini dinilai instan, seragam dan tergantung rating, bukan kualitas musik. Keinginan untuk mengembalikan tahta radio dalam pencetakan hits permusikan Indonesia. Organic Records turut mempersembahkan 12 musisi independen yang berkualitas seperti Maliq N D’essentials, Endah N Rhesa, Jemima, Rock N Roll Mafia, The Triangle, Zore, The Marsh Kids, The Upstairs, Twenty First Night, Sir Dandy, Homogenic dan Swimming Elephants edisi pertama.

Organic Records menyatakan tidak ada genre khusus yang disajikan pada edisi perdana dan volume berikutnya. Album ini akan menyajikan genre yang sudah lama ada di Indonesia dan ditujukan untuk memberikan rasa senang kepada pendengarnya. Pada akhirnya musisi tidak akan soal musik mainstream atau nonmainstream, indie atau major, atau rating TV. Musisi harus memberikan great music untuk great listener seperti layaknya sebuah radio.

Radio Killed The TV Star Volume 1 Track List:
1. Twentyfrist Night – Emergency
2. The Upstairs – Percakapan
3. Maliq N D’essentials – Berlari dan Tenggelam
4. Zore – El Patron
5. Rock N Roll Mafia – Blackheart
6. The Triangle – Move On
7. Swimming Elephants – Sarah
8. The Marsh Kids – Bird Song
9. Endah N Rhesa – Liburan Indie
10. Sir Dandy – Kebakaran Hutan
11. Homogenic– Get Up and Go
12. DJ WHO? feat. Jemima &Llyodpopp– Let’s Get On It

Price – Rp. 35.000. Get the album on your favorite radio station and CD store. Yeah!

 

gdubrak

awas licin, banyak ide mengalir

More Posts

baca artikel lainnya:

Nikmatilah Alunan Suara Musisi Radio!
[music monday] Kita
"Tea Time for Change" FBI FM
Serbuan Kuda Hitam
starlight 190x190
ad space

follow @twitgdubrak