//
you're reading...

review

Oleh-oleh Hari Kemerdekaan

Berfoto seusai kegiatan

“Tujuh belas agustus tahun empat lima, itulah hari kemerdekaan kita, hari…” begitulah suryak-suryak terdengar suara anak-anak dari kejauhan. Dari salah satu sudut Tukad Yeh Pulu terlihat kibaran-kibaran bendera mungil yang dipegang erat oleh bocah-bocah dekil nan bercahaya itu. Senyuman tak putus-putus di wajah mereka. Amboi hangatnya senja di Desa Bedulu, Gianyar.

Hari itu tanggal 16 agustus 2012, segerombolan pemuda dan pemudi beramai-ramai menyerbu Yayasan Widyaguna, Tukad Yeh Pulu, Bedulu, Gianyar. Tapi kita bukan mau melaksanakan upacara bendera apalagi mau berperang memperjuangkan kemerdekaan RI. Hari itu Keluarga Mahasiswa Hindu Institut Teknologi Bandung atau lebih dikenal dengan KMH-ITB yang terdiri mahasiswa dan mahasiswi Hindu yang sedang menempuh pendidikan strata 1 di ITB melaksanakan swadharmanya sebagai mahasiswa yaitu pengabdian masyarakat.

KMH-ITB melakukan bakti sosial yang merupakan acara tiap tahunan KMH-ITB. Pada tahun-tahun sebelumnya sempat dilaksanakan di Panti Asuhan Dharma Jati di Banjarangkan dan Lapas Anak Gianyar di karangasem. Acara ini dilaksanakan pada saat liburan semester genap, selain untuk mengisi massa liburan panjang, juga sebagai bentuk nyata pengabdian masyarakat yang dilakukan KMH-ITB. Untuk tahun ini acara diketuai oleh Kusuma dari Teknik Geofisika 2009 yang juga merupakan Ketua Divisi Pengabdian Masyarakat di Badan Pengurus KMH-ITB 2011-2012 dan mengambil lokasi di Panti Asuhan Yayasan Widyaguna.

Yang spesial dari bakti sosial kali ini, selain bermain dengan adik-adik Yayasan Widyaguna, kita juga meningkatkan jaringan dengan mengajak Komunitas Gdubrak sebagai pembicara dan semeton Jegeg Bagus Gianyar sebagai undangan untuk turut serta berpartipasi.

Acara kali ini sebenarnya tergolong sederhana, karena yang ditekankan disini adalah kebersamaannya. Pertama-pertama adik-adik dibagi menjadi beberapa kelas sesuai tingkatan yaitu kelas SMP & SMA, SD, TK dan playgroup serta kelas berkebutuhan khusus.

Untuk adik-adik yang SMP dan SMA diberikan materi berupa motivasi dan strategi sukses yang diberikan langsung oleh kakak-kakak dari KMH-ITB. Sedangkan untuk kelas yang diberikan materi bermain sambil belajar yang disesuaikan dengan kelasnya masing yang diisi oleh KMH-ITB, Gdubrak.com dan semeton Jegeg Bagus Gianyar.

Kemudian acara dilanjutkan dengan bermain game seperti makan kerupuk dan susur jejak (mengingat banyak areal persawahan disekitar yayasan) serta tidak lupa kita nyanyikan lagu-lagu nasional sambil mengibarkan bendera merah putih mungil disela-sela acara (mumpung deket tujuhbelasan he..he..he).

Yang unik tentu saja adik-adik (atau kakak ya?? Beberapa diantaranya berusia 20-an tapi masih imut) berkebutuhan khusus yaitu mengalami down syndrom. Ternyata mereka memiliki bakat-bakat yang istimewa, ada yang bisa menari break dance, ada yang bisa menyanyi, dan bahkan ada yang jago merayu wanita ( HA HA HA). Tapi untuk keadaan seperti mereka, mereka tergolong sangat mudah bergaul (SALUT!).

Acarapun ditutup dengan pemberian cinderamata dan bantuan secara simbolis dari KMH-ITB kepada Yayasan Widyaguna . Dilanjutkan dengan adik-adik yang menyanyi untuk mengiringi kepulangan kita, sungguh anak-anak yang luar biasa dan merupakan pengalaman yang tidak terlupakan. Semoga bisa bertemu dilain kesempatan.

Teks oleh KMH ITB
Foto: Mandhara Brasika

gdubrak

awas licin, banyak ide mengalir

More Posts

baca artikel lainnya:

Dua Hari Bersama SCTV Goes To Campus Jogjakarta
DISKO: Pasukan Garis Depan yang Jelita
Meriahnya Perayaan HUT Kota Gianyar
BALI- RECORD STORE DAY
  • http://twitter.com/kadekdoi Kadek Ridoi Rahayu

    Acaranya seru dan mengasyikan. Sukses untuk kakak-kakak KMH ITB ya :D

  • kusuma

    ya acaranya seru banget terimakasih untuk gdubrak yang telah meluangkan waktu untuk ikut serta

starlight 190x190
ad space

follow @twitgdubrak