//
you're reading...

event

Parlemen Muda Indonesia (Roadshow Bali)

par

parlemen muda indonesia

Halo kawan gdubrak, yang udah nunggu-nunggu kapan sih diadain roadshow Parlemen Muda Indonesia di Bali, ini dia bocorannya. Yuk disimak..

“Pemilih pemuda secara umum terbagi menjadi dua. Pertama, kelompok apatis atau apolitis. Kelompok ini biasanya teralienasi dari sistem atau proses politik yang ada. Kelompok pemuda ini mudah terseret ke dalam arus golput karena pemilu dianggap tidak terkait dengan kepentingan pragmatis mereka. Kedua, kelompok pemuda yang rasional atau kritis. Pilihan golput biasanya bukan didasarkan pada alasan yang remeh-temeh atau alasan administratif, tapi benar-benar atas kesadaran bahwa pemilu dianggap gagal melahirkan proses rekruitmen politik yang baik.” – Lembaga Survey Indonesia (2009)

Sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia (setelah India dan Amerika), tingginya angka golput di kalangan pemilih muda (baru-baru ini diprediksikan LSI sebanyak 50% untuk Pemilu 2014) di nusantara harus disikapi secara serius. Parlemen Muda Indonesia merupakan usaha kecil namun ambisius untuk menjawab tantangan ini. Parlemen Muda Indonesia adalah Sebuah Gerakan. Fakta bahwa gerakan ini berangkat dari masalah yang nyata dan mendesak memberi tim kepercayaan diri untuk menyebut Parlemen Muda Indonesia sebagai sebuah gerakan nasional. Bukan sekadar simulasi atau seminar, tetapi ajakan bagi generasi penerus untuk melihat apa yang bisa dibenahi dalam politik domestik negeri tercinta. Gerakan ini mengalir dan menggema di bawah komando Indonesian Future Leaders (@ifutureleaders), sebuah lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang pemberdayaan pemuda untuk perubahan sosial.

Parlemen Muda Indonesia dikelola oleh 15 orang pemuda (latar belakang anggota timnya bisa dilihat di sini) dari beragam bidang ilmu secara Independent dan Bebas dari kepentingan politik apapun. Satu – satunya kepentingannya bisa terlihat dari Visi, yaitu: Pemilih muda Indonesia yang lebih paham tentang, peka terhadap, dan percaya dalam parlemen sebagai salah satu pilar sistem politik dalam negeri, sekaligus lebih berpartisipasi aktif dalam demokrasi serta proses pembangunan nasional secara keseluruhan.

Parlemen Muda Indonesia memiliki 3 Program yaitu Majelis Umum Pemuda, Pengembangan Kapasitas, Konsultasi Regional & Roadshow. Rangkaian Roadshow dibuat untuk memberikan pengetahuan & pengalaman belajar bersama tentang politik dengan 11 Pembicara Nasional (Alanda Kariza, Rene Suhardono, Ridwan Kamil, Ernest Prakasa, Glenn Fredly, Mira Lesmana, Maudy Ayundya, Faisal Basri, Usman Hamid, Iwan Setyawan, Pangeran Siahaan) di 11 kota Indonesia ( Aceh, Makassar, Bandung, Bali, Kupang, Balikpapan, Jakarta, Lampung, Manado, Malang, Jogjakarta) mulai 19 Agustus – 14 September 2013.

Roadshow Bali akan berlangsung Selasa, 27 Agustus 2013 di Lantai 4 Student Center Udayana Jl. Dr. Goris, Denpasar, Bali

(jalan disebelah Pasca Sarjana Kampus Sudirman).

Rangkaian acaranya :
1. Dialog (sesi PEKA) bersama Ernest Prakasa (@ErnestPrakasa), Pendiri Standup Comedy Indonesia (@Standupindo) tentang “Kenapa Politik itu Penting?”
2. Seminar Interaktif (sesi PAHAM) dengan Tim Parlemen Muda untuk menjawab “Bagaimana Parlemen bekerja & Apa peran pemuda dalam Politik?”
3. Simulasi Politik (sesi PUTUSKAN) 60 menit tentang kampanye partai & anggota legislatif yang mengambil tema “Usaha Ekonomi Kreatif” (konsentrasi komisi 10 DPR)

GRATIS & terbuka untuk Umum, tapi terbatas bagi 200 pendaftar pertama,

Registrasi melalui SMS: [nama] [umur] [institusi] [email] ke 0815.474.92129 (Ferina) atau FORM
“Ceritakan, maka aku akan lupa. Tunjukkan, mungkin aku akan ingat. LIBATKAN, maka aku pasti mengerti.” – Anonim (via: @parlemen_muda ‘s web)

Info Lebih lanjut :

Official Website: http://parlemenmuda.org
Twitter : @parlemen_muda
Facebook: Parlemen Muda Indonesia
CP Roadshow Bali: 085.739.250.667 (Fahri)

gdubrak

awas licin, banyak ide mengalir

More Posts

baca artikel lainnya:

"Travel Photography" Bali Photo Forum
GRADASI In Action Rock \m/
7 Tips Menonton Udayana Jazz Festival
UBUD VILLAGE JAZZ FESTIVAL 2013
starlight 190x190
ad space

follow @twitgdubrak