//
you're reading...

talent

Rika Yuniorika: Berawal dari Sherina, Berakhir di Prancis

Rika Yuniorika, liat celananya jadi pengen nyeberang :p

Aduuh, sekalinya lihat vokalis ini kalian akan langsung kepincut. Mungil dan ngegemesin. Yap, dialah vokalis Ice Cream Attack. Ini bukan nama sejenis makanan lho ya. Tapi ICA adalah nama band keren dari Bali yang pernah masuk 18 Besar LaLights Indie Fest 2010. Coba deh lihat aksi panggungnya. Cakep dahsyat dah!

Nah, Gdubrak.com mengirim sejumlah pertanyaan kepada pemilik nama asli Ayu Putu Indah Yuniorika. Rika, yang hobi kayang (sekali-kali Gdubrak.com akan mengajak Rika kayang massal di Renon #penting) bercerita tentang kegemarannya bernyanyi, kegemarannya dalam fashion dan mimpinya tentang Prancis. Silakan disimak…

Kenapa Rika memilih musik dan vokalis?
Pertama kali suka musik itu karena Sherina. Dulu waktu SD hafal semua lagunya dan nyanyiin tiap hari. Waktu dia bermain di film “Petualangan Sherina” aku sampai bisa nonton film itu lebih dari 10 kali. Lebih hebohnya lagi ketika SD pengen punya pacar kaya Derby Romero. Ajaib kan efeknya? *Gdubrak.com manggut-manggut*

Terus kenapa milih jadi vokalis ? Ini sih bukan karena Sherina ya. Ini mutlak takdir. Jadi tahun kedua di SMA, aku ketemu Hendra Momow (personel Ice Cream Attack). Dia ngajakin aku untuk ngeband. Tepatnya jadi vokalis gitu.

Selain nyanyi dan ngeband, Rika ada kegiatan tarik suara lain?
Aku masih suka diajakin nyanyi dalam musikalisasi puisi garapan Teater Lah. Terakhir kali manggung musikalisasi puisi itu di Bentara Budaya kalau ngga salah, waktu pameran Budiana. Sekarang juga lagi asyik-asyiknya les vokal di Bina Vokalia Bali.

Nah, orang kan kebanyakan tahu Rika sebagai seorang vokalis. Gdubrak.com dengar Rika udah mulai ngembangin sayap ke bidang fashion. Bisa kasih bocoran?
Aku malah kecemplung dunia fashion dari TK. Mama kan model, jadi dulu di masukin ke sekolah model, namanya Skalis di Pertokoan Sudirman dulu tempatnya. Kalo suka menggambar itu sejak kecil, tapi suka mendesain sejak SMA. Kebetulan baru nemu kesukaan baru mendesain baju-baju lucu. Karena aku anaknya emang nggak bisa diem. Aku coba beli kain dan mencari tukang jahit. Alhasil, lahirlah fashion lineku namanya Yuniorika (@yuniorika_diary). Kalau dulu yang pengennya masuk DKV (Desain Komunikasi Visual) sekarang udah pindah ke Fashion Design.

Apa aja keunikan atau keistimewaan dari desainmu?
Aku sekarang lagi suka design barang barang yang Pret-A-Porter. Aku suka bikin sesuatu yang lucu. Yang girlie tapi lucu dan nggak kelihatan tua. Tapi kalau kata orang design aku tuh lucu tapi vintage. Eh ini pasti kakak belum beli barang barangnya Yuniorika ya? Beli dong makanya. Hahahaha…

Terus dimana aja bisa dapatin informasi mengenai keluaran terbaru produk Yuniorika?
Follow @yuniorika_diary. Kalau mau langsung beli, datanglah ke DeepStore Bali, Jalan Tukad Gangga di depan Restoran Gosha. Atau di Oompaland, Waturenggong.

Nah, kita ngobrolin soal Prancis. Kenapa sih Rika senang banget dengan Prancis?
Awalnya sih karena pengen sekolah ke Prancis. Ya itu cita cita. Sekarang lagi proses mewujudkannya. Sebelumnya di Prancis mau ngambil Design Communication Visuelle, tapi untuk nanti mau ngambil Fashion Design. Untuk sekarang belum bisa sekolah disana dulu karena harus konsen di ICA (Ice Cream Attack-band) dulu. Selain itu, bahasa Prancis itu asyik. Asyik aja waktu ngobrol pake Prancis. Apalagi waktu belajar di Alliance Francaise, suasananya, dosennya dan teman-temannya asyik.

Punya niat nggak bakal bikin lagu dalam Prancis atau bikin desain Yuniorika ala Paris mode?
Niat banget malah. Mungkin nanti di bawain di OkGoodThanks ya lagu lagu Prancisnya. Paris memang jadi salah satu influence ya untuk fashion.

Gimana pendapat Rika tentang vokalis yang kebanyakan jadi trendsetter dalam berbusana?
Mungkin awalnya mereka suka sama bandnya, lagunya, cara nyanyinya, dan performnya di panggung. Secara tidak langsung mereka juga pasti suka sama gaya berpakaiannya si vokalis itu. Malah bisa jadi trendsetter. Tapi nggak banyak vokalis yang jadi trendsetter di mode loh.

Kalo jadi idola kan banyak yang bakal niru gayamu?
Kalau memang ada ya asyik. Berarti mereka menganggap aku punya taste yang bagus di fashion.

Ada pesan untuk remaja?
Lakukan saja. Jangan cuma bermimpi. Bermimpi itu asyik tapi lebih asyik lagi waktu mewujudkannya. Ya memang tidak akan terwujud secara instan. Tapi yang paling menyenangkan itu proses mewujudkannya. Jangan pernah nyerah.

Nama: Yuniorika
Nama Lengkap: Ayu Putu Indah Yuniorika
Hobi: Bersepeda, Menggambar, Fashion, Musik, Nyanyi, Kayang, Menari, dan Teater

Prestasi:
Juara 2 Lomba Musikalisasi Puisi, Negara
Juara 1 Lomba Monolog se-Bali
Juara 1 Lomba Modern Dance , Jembatan Budaya
18 Besar LaLights Indie Fest 2010
Kompilasi Young Sound of Bali 2011
Kompilasi Honda 2011
Kompilasi Rock After School 2011
(Ini masih bingung loh apa lagi, di teater dan dance sebenarnya masih ada lagi. Tapi lupa :p)

Twiiter: @rikayuniorika

gdubrak

awas licin, banyak ide mengalir

More Posts

baca artikel lainnya:

Tak Salah Kok Suka Korea
Sang Juara Umum yang Baik Hati
Teater Kini Berseri, Selalu Bikin Ngeri
Martin Dano: Foto Sama Pacar Saja Masih Editan
  • http://gung.ws .gungws

    salam utk pak Totok ya..

starlight 190x190
ad space

follow @twitgdubrak