//
you're reading...

chitchat

Tips Memilih Jurusan Kuliah

A_University_Lecture_1440x900_48

Gimana hasil UN kamu? Seneng dong lulus SMA. Nilai jelek atau bagus, tidak apa-apa. Yang penting lulus. Sekarang waktunya kamu meninggalkan masa-masa sekolah menuju fase baru. Meninggalkan keceriaan fase abu-abu menjadi fase warna-warni. Selama tinggal seragam sekolah, guru galak dan kenangan cinta masa SMA.

Sekarang tantangan baru sudah menanti. Sebaiknya, jika ada kesempatan, lanjutkan pendidikan setinggi-tingginya. Percayalah, semakin tinggi pendidikan, pola pikir tentang kehidupan akan semakin berubah. Orientasi hidup dan mimpi-mimpi yang ingin dicapai juga pasti akan jauh lebih tinggi. Masa depan kamu, sekarang ditentukan ketika kamu memilih jurusan kuliah dan universitas.

Nah, biar tidak bingung, Gdubrak.com bakalan memberikan tips dan panduan saat memilih jurusan kuliah. Simak baik-baik ya.

1. Pastikan nilai dan kemampuan kamu mencukupi
Karena penulis artikel ini berbeda generasi, kami tidak paham dengan bagaimana sistem penerimaan mahasiswa baru sekarang. Kalau dulu sih ada PMDK, jadi mereka yang keterima lewat sistem ini punya kesempatan untuk memilih jurusan lebih awal. Karena lebih awal, otomatis punya waktu lebih banyak untuk memilih jurusan kuliah yang lebih ideal. Tapi bagi yang nggak gimana? Tentu harus ikut seleksi dong.

Nah, kamu harus menghitung kemampuan dan nilai kamu dengan jurusan yang akan dipilih. Buat kamu yang lemah dalam eksakta dan angka-angka, sebaiknya tidak memilih jurusan statistik, kedokteran atau jurusan yang banyak hitungannya. Kasian kamunya sih. Nanti stress duluan saat memasuki bangku kuliah. Bisa-bisa kamu berhenti di tengah jalan. Pilih jurusan yang paling sesuai dengan minat kamu.

Kalo seneng gambar, yang masuk jurusan seni atau arsitektur. Kalo seneng debat, masuk jurusan hukum atau hubungan internasional. Menyesuaikan minat atau passion akan lebih memudahkan kamu dalam menjalani hidup. Berat ya bahasanya? Emang!

2. Jangan terpengaruh dengan teman-teman, pacar apalagi mantan
Plis, sekali lagi jangan. Udah nggak zamannya kamu melakukan sesuatu karena ikut-ikutan. Tamat SMA dan masuk kuliah, sudah waktunya kamu independen dalam memikirkan diri sendiri. Tentu, faktor lingkungan dan teman-teman itu akan berpengaruh. Tapi itu hanya pendukung, keputusan tetap di kamu.

Kalo pacarmu pinter dan dia mau masuk kedoteran, tapi kamu agak bego dan ya nggak usah memaksakan diri. Jangan karena banyak temen-temenmu masuk fakultas ekonomi, kamu juga ikut-ikutan masuk ke sana. Percayalah, dunia kampus itu jendela baru untuk melihat dunia. Jangan hanya terjebak pada nostalgia masa SMA. Pada akhirnya, memilih jurusan yang sama sekali berbeda dengan pacar, teman dan mantanmu membuat peluangmu mendapatkan yang lebih baik akan terbuka lebar. Itu juga kalo orientasi kuliahmu untuk kehidupan asmara sih..

 

tentuin fokus! mau kuliah, atau ketemu mbak ini… terserah kamu sih

3. Cek akreditasi universitas dan jaringan
Ini penting bro. Cek akreditasi universitas dan jaringan yang dimiliki. Seberapa bergengsi kampus yang akan kamu masuki. Jaringan internasional dan perusahaan yang dimiliki kampusmu apa saja. Hal ini akan semakin berpengaruh pada peluang kerjamu, beasiswa dan meningkatkan kapasitas keilmuan.

Semakin luas jaringan, apalagi termasuk perusahaan internasional dan penyedia beasiswa luar negeri, semakin baik. Semakin luas dunia yang kita lihat, orientasi terhadap cara hidup juga pasti akan berbeda. Mereka yang pernah hidup di negeri orang dan melihat Indonesia dengan cara berbeda, pasti akan lebih obyektif dalam melihat keadaan. Selama masih muda, gunakan kesempatan seluas-luasnya untuk menjangkau dunia.

5. Pilih universitas dan kemandirian kamu.
Kalo kamu anak mama yang cengeng, sebaiknya nyari univeristas nggak usah yang jauh-jauh. Daripada kamu mewek-mewek di kosan malam-malam dan nggak ada yang nyamperin? Ingat bro, kuliah itu menguji kemandirian kamu. Latihan hidup sendiri dan mengambil keputusan sendiri. Sebaiknya, tinggalkan sikap manja.

Kalo kamu nggak mandiri, bagaimana nanti seandainya kamu ingin kuliah di luar kota atau luar negeri? Ribet bro, kalo kamu maunya tidur dikelonin mama tiap malam.

ga perlu berotot dan pinter pke senapan mesin kayak rambo juga sih..

6. Kemampuan finansial penting bro!
Jangan nyari kampus yang tidak bisa kamu bayar biayanya. Mungkin nanti ada beasiswa. Tapi kan tidak semua orang berhasil mendapatkannya di awal kuliah. Pada akhirnya, initial cost yang dikeluarkan tetap ada dan ini mesti dihitung betul. Jangan sampai kamu sudah diterima di universitas tapi ternyata gagal bayar uang kuliah. Sayang masa depan kan bro!

gdubrak

awas licin, banyak ide mengalir

More Posts

baca artikel lainnya:

Ucapan Absurd yang Terjadi Selama Pacaran
Alasan Lumrah Cewek Nolak Cowok
Ini Ramalan Bintang untuk tahun 2013. Serius!
#BANTING - Pelayanan Publik
  • Adi Widana

    umm, itu nomer 4 nya belum ada. hehe

  • ari shandy

    Cek akreditasi universitas dan jaringan??
    wah ni yang salah keknye guehhh

starlight 190x190
ad space

follow @twitgdubrak