//
you're reading...

chitchat

Tips Menghadapi Gempa Bumi

Belakangan ini Indonesia, cukup diterjang bencana. Salah satunya bencana gempa bumi. Yang paling menakutkan, bencana ini memang sulit ditebak kedatangannya. Entah waktu keadaan tenang-tenang, tiba-tiba terjadi gempa bumi. Tapi sebenarnya apa gempa bumi itu?

Secara sederhana, gempa bumi adalah pergeseran tiba-tiba lapisan tanah di bawah permukaan bumi akibat pergerakan lempengan-lempengan tektonik, aktivitas gunung api, dan runtuhan batuan. Nah, karena Indonesia merupakan negara yang terletak pada pertemuan tiga lempengan bumi, maka sering terjadi tumbukan yang menyebabkan goncangan gempa bumi.

Karena waktu kedatangannya tidak bisa dipastikan, tentu saja kita harus selalu siaga jika bencana ini datang tiba-tiba. Nah, apa saja yang bisa dilakukan sebelum dan sesudah terjadi gempa? Nih, Gdubrak.com kasih beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

Sebelum terjadi gempa :
– Kenali rumah kita, terutama dari bagian-bagian yang berbahaya seperti atap atau bagian rumah yang mudah jatuh.
– Kenali juga lingkungan sekitar. Adakah tanah lapang yang bisa dijadikan tempat untuk mengungsi yang aman. Pastikan juga jalur menuju titik berkumpul sudah kamu hafal.
– Jika berada di dalam ruangan perhatikan di mana pintu keluar ataupun tangga darurat.
– Catatlah nomor telepon penting yang harus dihubungi saat terjadi gempa bumi.

Saat terjadi gempa :
– Di dalam rumah: saat getaran terjadi, bergeraklah untuk menyelamatkan diri dan keluarga. Bila jauh dari pintu keluar berlindunglah di bawah meja, atau benda-benda lainnya seperti : bantal, papan, atau tangan dengan posisi telungkup
– Di mall, bioskop atau lantai dasar: jangan panik! Ikuti petunjuk petugas atau satpam. Jangan gunakan lift. Keluarlah dengan menggunakan tangga darurat dan segeralah mencari posisi terbuka dan aman.
– Di luar rumah: merunduk dan sedapat mungkin lindungi kepala, sambil terus bergerak ke tempat yang aman.
– Di dalam kendaraan: Jangan Panik, berpeganglah pada tiang atau apapun di dekatmu. Jika kendaraan berhenti segeralah menuju tempat terbuka.
– Di gunung atau pantai: bergeraklah ke tempat yang aman, jika berada di tepi pantai ada kemungkinan untuk tsunami, bergeraklah ke tempat yang lebih aman.

Setelah Gempa:
– Bergeraklah ke tempat yang aman.
– Tetap waspada dengan adanya gempa susulan.
– Jangan mendekat pada reruntuhan.

Nah itulah sedikit cara menghadapi gempa bumi, pada intinya jangan keburu panik ya sahabat Gdubrak.com. Tetap waspada dan ikuti langkah langkah diatas.

Tulisan diolah dari : Buku Ayo Siaga Bencana Palang Merah Remaja – PMI | ilustrasi oleh @MarthenDano

gdubrak

awas licin, banyak ide mengalir

More Posts

baca artikel lainnya:

Cara Jitu Deketin Cewek Incaran (Male Version)
Hal-hal yang Sebaiknya Tidak Dijadikan Lelucon
Profesi yang Bikin Kamu Dicari-cari!
Makanan gaul, untuk yang gaul (semua kalangan)
starlight 190x190
ad space

follow @twitgdubrak