//
you're reading...

chitchat

Tips menghadapi U(nyu)jian Tengah Semester

Februari telah berlalu. Bulan yang bagi kaum jarang dibelai alias Jomblo Garis keras adalah bulan neraka level KTT ASEAN. Yak, 14 Februari adalah tanggal yang barangkali tidak ada di kalender mereka yang selalu rajin ngetwit di malam minggu. Tapi kali ini kami bukan membahas nasib kalian yang jarang dibelai kok, beban kalian mungkin terlalu berat buat menanggung olok-olok mereka yang rajin dibelai. Februari berlalu Maret mengunyu. Yak, April khususnya bagi mahasiswa terdahsyat di seluruh Indonesia adalah bulan dimana ujian tengah semester dilaksanakan.

Kegiatan yang rutin dilakukan untuk melatih kerjasama tiap angkatan ini biasanya dipenuhi intrik, konspirasi, konstipasi, dan terasi (2 kata terakhir tidak berhubungan ya) *woi fokus woi!* #catataneditor. Oke kembali fokus *eh sampai mana tadi?*. Setelah 3 bulan kebelakang dipenuhi dengan titip absen, jarang mencatat, bolos kekantin dan ngobrol dengan sesama mahasiswa terdahsyat, berikut adalah TIPS unyu untuk menghadapi UTS. Cekicroott..!!

Kumpulkan bahan ujian

Memang kalau mau sukses harus diawali dengan niat. Begitu juga dengan ujian. Hal pertama yang wajib dilakukan adalah mengumpulkan semua materi dari dosen maupun bahan-bahan yang nantinya akan diperlukan untuk membuat cumi-cumi saus tiram (ini apaa) *fokus woi!! #catataneditor* .

Yak, pastikan semua materi sudah ditangan minimal H-1 sebelum ujian dimulai. Pastikan jangan membawa materi dan bahan pada saat ujian sedang berlangsung karena sangat berbahaya saudara-saudara (kalau ketauan pengawas sih).

 

Catat Jadwal Ujian

Ini juga sangat penting. Bisa dibayangkan ketika kita salah belajar akibat dari jadwal yang kita catat keliru. Nyeselnya pasti tujuh turunan dan turunan ke 8 pasti beruntung banget (ini ngomongin apa coba) *fokus woi!!!* #editormulaikalap. Pastikan jadwal yang kita dapat benar sesuai dengan keputusan tata usaha masing-masing fakultas. Jangan sampai ada mata kuliah siluman yg tiba-tiba nyelip di jadwal. Apalagi kalian mencatat jadwal ujian fakultas lain hanya karena gebetan kalian ada di sana.

 

Kurangi main di jejaring sosial

Tips ini mungkin yang paling susah deh ya cyiin. Bisa dibayangkan kalo satu hari aja nggak BBM-an, atau nggak baca timeline Twitter dan update status Facebook. Efeknya selevel lebih bahaya dari gigitan Tomcat. Dampaknya akan signifikan karena kita akan fokus belajar tanpa gossip twitter ataupun broadcast hoax ala pengguna Blackberry norak.

Catatan: Tips ini tidak berlaku bagi yang Gadgetnya tidak punya pulsa ataupun tidak punya gadget sama sekali :p

 

Cek Ban Mobil/Motor

Tips yang ini banyak yang menyepelekan tapi dampaknya sangat Dahsyat (lalala.. yeyeye..). H-1 pastikan ban motor/mobil kalian tidak kempes. Karena dampaknya kalian akan menguntungkan tukang tambal ban. Dampak tadi nggak terlalu penting ya, tapi dampak sesungguhnya adalah terlambat sampai ke tempat ujian dan Fokus akan menjadi hilang. Jangan lupa juga periksa bahan bakar dan yang paling penting lampu merah jangan lupa berhenti.

Buat yang ke kampus di jemput gebetan atau pacar, ingatkan pacar untuk ngecek ban motor mereka. Buat mereka yang nggak punya gebetan, nggak usah ikutan sibuk ngingetin gebetan orang lain. Okeh? Sip!

 

Sarapan

Makan pagi menurut beberapa penelitian mempunyai dampak yang sangat baik bagi kesehatan. Untuk itu bebelum ujian dimulai alangkah lebih mulianya kalau isi perut kita sedikit, minimal roti dan susu lah. Kalau mau sarapan rujak kuah pindang cuka juga boleh, tapi siapa juga yang mau rujak kuah pindang cuka pagi – pagi?

Sarapan nggak usah banyak-banyak. Secukupnya saja. Jangan sampai kalian justru mengantuk di kelas karena kebanyakan isi perut. Yes? Yes lah.

 

Minta Semangat Pacar/Gebetan

Bukan bermaksud menyinggung kaum jarang dibelai, tapi tips ini tidak berlaku untuk semua kok, sekali lagi maaf ya :p. Semangat dari pacar atau gebetan itu seperti mendapat asupan extra joss yg berlipat-lipat. Jangan lupa yang kalian minta semangat adalah gebetan atau pacar kalian ya bukan gebetan atau pacar temen.

Sekali lagi, kalau kalian nggak punya pacar atau gebetan, nggak usah ngemis minta semangat ke pacar teman. Kalian bisa minta semangat ke keluarga di rumah. Atau mentok-mentok ke ibu kos. Yuhuuu.

 

Belajar & Berdoa

Ini yang paling penting dari semua tips diatas. Tanpa kalian belajar semua usaha kalian akan sia-sia. Jangan memikirkan kalian duduk dimana atau apakah JUPE-GASTON udah putus atau belum. Fokuslah pada mata kuliah yg akan dihadapi esok.

Berdoa adalah hal yang wajib dilakukan setelah belajar. Tanpa restu Yang Di atas usaha kita nampaknya tidak akan bermakna. Tapi yang perlu diingat dan paling penting berdoa jangan hanya saat menjelang ujian saja ya, J

 

Sekian tips unyu menjelang ujian. Bagi mahasiswa terdahsyat di seluruh Indonesia, semoga ujiannya sukses ya. Salam lalala yeyeye.. Hidup Beasiswa! Kalau ada tips yang ketinggalan, boleh dibagi ke kami.

ditulis dengan tulus oleh @arthageaka

gdubrak

awas licin, banyak ide mengalir

More Posts

baca artikel lainnya:

Kenapa Harus Bawa Rantang Saat Makan di Hotel?
Ketika Ketemu Razia dan Ditilang Polisi
Ingat Makan Demi Hidup yang Lebih Baik
#BANTING - Pelayanan Publik
starlight 190x190
ad space

follow @twitgdubrak