//
you're reading...

chitchat

Tips Menghemat BBM Saat Mengemudi

Pemerintah akan menaikkan BBM pada awal April mendatang. Sebagai pemilik kendaraan pribadi, ini tentu memusingkan kita semua. Apalagi angkutan umum yang murah dan terjangkau tak kunjung hadir. Nah, kali ini Gdubrak.com akan menghadirkan tips baik-baik yang benar-benar bisa dipraktekkan untuk menghemat BBM selama berkendaraan.

Tips ini bisa dipraktekkan. Tapi sebaiknya, kalau memang masih bisa menggunakan kaki atau sepeda kayuh, gunakanlah keduanya. Hidup sehat bisa dimulai dari sekarang teman. Nanti kalo ada tips yang ketinggalan bisa ditambahkan di kolom komentar ya. Mari kita selamatkan bumi dari diri kita sendiri.

1. Matikan AC jika tidak diperlukan
Memakai pendingin dengan suhu paling tinggi membuat beban perputaran mesin makin berat. Jika memang tidak diperlukan dan melewati daerah sejuk, matikan AC dan buka jendela. Ini akan membuat pemakaian BBM jauh lebih hemat. Juga membuat tubuh lebih sehat. Saat memanaskan mobil di pagi hari, bukalah jendela dan hindari penggunaan AC.

2. Mengemudilah dengan kecepatan konstan
Kayaknya sopir Metro Mini paling tidak mungkin menerapkan saran ini. Bagi yang sudah pernah naik Metro Mini atau Kopaja, pasti tahu gimana gaya sopirnya. Sering meraung-raungkan mesin dengan menekan kopling. Ini tentu saja akan membuat pemakaian BBM jauh lebih boros.

Usahakan mengendarai kendaraan dengan kecepatan konstan. Jangan sering nginjak gas atau menginjak rem dalam rentang jarak yang pendek. Perputaran mesin yang stabil akan membuat pengeluaran BBM jauh lebih teratur. Otomatis pemakaian BBM juga jauh lebih hemat.

3. Isi BBM pada malam hari atau subuh
Suhu dingin di malam dan pagi hari membuat partikel bensin dalam keadaan rapat, sehingga volume yang kita dapat pun jadi lebih banyak. Jadi ketika pulang malam atau berangkat lebih subuh, sempatkanlah mengisi BBM.

Logika paling sederhana kenapa mengisi BBM pada malam hari atau subuh adalah menghindari antrean. Menghindari antrean artinya mencegah pemakaian BBM dalam keadaan yang tak diperlukan. Otomatis tidak ada bahan bakar yang terbuang percuma kan? Hmmm, masuk akal….

4. Hindari muatan berlebihan
Ketika bepergian jangan membawa muatan yang berlebihan. Mobil yang kapasitasnya 8 orang ternyata diisi oleh sepuluh orang. Ini bisa mengurangi aerodinamika mobil dan meningkatkan penggunaan bahan bakar. Angkutlah barang dan orang sesuai dengan kapasitas. Aturan ini tidak bermaksud diskriminatif terhadap mereka yang obesitas…

5. Matikan kendaraan jika berhenti lama
Bila kalian berhenti dalam jangka waktu lama, entah karena pipis atau menepi karena menelepon, sebaiknya matikan mesin mobil. BBM akan terus dipakai walau mobil dalam kondisi diam. Apalagi kalau kalian menyalakan AC. Lagian kalau sedang berhenti dan mematikan mobil, ini membantu mengurangi polusi. Ternyata nggak hanya bermanfaat bagi diri kita sendiri juga orang lain kan?

6. Jangan Memakai Telepon Genggam
Jangan main twitter. Memakai telepon genggam akan membuat konsentrasi terpecah. Memakai gadget bisa membuat kendali antara gas dan rem menjadi tidak teratur. Akibatnya kendaraan tidak bisa berjalan konstan. Boros bahan bakar kan?

Selain menghemat bahan bakar, menghindari pemakaian gadget juga bisa bagian dari keselamatan berkendaraan. Sudah tahu kan risiko kalo kalian mengendarai kendaraan tanpa konsentrasi? Nyawa man, taruhannya.

Nah, inilah tips yang bisa diterapkan. Percayalah menghemat BBM memiliki dampak luas. Selain menghemat kantong, ini juga ramah terhadap lingkungan. Pacar senang (karena dapat traktiran lebih), alam pun tidak meriang lagi. Yeay!

gdubrak

awas licin, banyak ide mengalir

More Posts

baca artikel lainnya:

Profesi yang Bikin Kamu Dicari-cari!
Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Nyepi
Tips Jika Kalian Ikut Demo
Tips menghadapi U(nyu)jian Tengah Semester
starlight 190x190
ad space

follow @twitgdubrak