//
you're reading...

schoolaholic

Ujian SMA kok dipake ‘Main’

Halo bro dan sist gdubrak! Kali ini kita akan bahas tentang ujian kelulusan tingkat SMA/SMK/Sederajat yang baru kemarin dilaksanakan. Pastinya siswa-siswi kelas III atau akselerasi pada kalang kabut tuh sibuk menyiapkan diri. Apalagi ujian berlangsung selama 4 hari, mulai 16 April 2012 hingga 19 April 2012 ini. Sekolah lama-lama, cuma dipertaruhkan selama 4 hari.

Kan banyak banget tuh bermunculan topic-topik di TV atau di koran, atau apapun itu media massa lainnya yang membahas tentang kecurangan-kecurangan yang dilakukan para peserta ujian dalam melaksanakan ujian tersebut. Loh? Bagaimana bisa terjadi?! (siswa juga manusia pak, nggak sempurna). Mari kita lihat contoh berita berikut ini.

Kaget bukan? Mau ujian aja sampe diadain razia pake metal detector! Pak! Ini ujian kelulusan atau terorisme! Begitulah pemikiran yang ada di benak kita pertama kali. Ujian yang seharusnya dilakukan untuk mengetahui serta mengevaluasi belajar siswa dan siswi SMA tahun 2012 ini dilaksanakan dengan begitu ketat! (seketat celana nudie jeans, aww). Para guru-guru atau dinas atau panitia pelaksana ujian tahun sungguh sangat tidak ke-siswa-an.

Apakah dulunya mereka tidak pernah muda? (#np : BCL – Pernah Muda) pastinya orang-orang yang ikut serta sebagai panitia ini sudah merupakan orang-orang terdidik dengan baik dong, seharusnya ujian dilakukan untuk apa, mereka terlalu over-acting dalam melaksanakan UN kali ini.

“Pak, kecurangan kami dalam pembelajaran jangan dipakai kambing hitam untuk menutupi semua kecurangan bapak di kepemerintahan”

Coba saja pemerintah, dinas, atau instansi yang terkait biasa-biasa-saja, tidak sampai harus menggunakan sistem 5 paket lah, sistem tukar paket lah, razia dengan metal detector lah. Sebagai referensi, coba perbandingkan ujian nasional tahun 2012 dengan tahun 2010. Di tahun 2010 hampir mencapai 80% nilai kelulusan dengan cara ujian nasional yang biasa-biasa-saja.

Segitu aja dulu artikel tentang ujian nasional kali ini, semoga para bapak-bapak dan ibu-ibu mengerti apa kemauan kami para siswa dan siswi yang memegang masa depan bangsa, dukung kami, ajarkan kami lebih banyak lagi, bukannya malah menekan dan menjatuhkan kami seperti ini. Sekian! Salam gdubrak! ?

I Wayan Adi Pratama | @odiiks

gdubrak

awas licin, banyak ide mengalir

More Posts

baca artikel lainnya:

Pekan Jurnalistik 2012 LPM Pcyco
Creative Class,(SMANSA) KISS-1
Career Festival FE UI 2014
SUCCESS 2014 FE UI
starlight 190x190
ad space

follow @twitgdubrak