//
you're reading...

talent

UN : sama galaunya dengan cari jodoh

Ujian Nasional (UN), topik yang sedang hangat-hangatnya menjadi perbincangan setiap orang. Orang tua yang takut anaknya tidak lulus, guru yang takut muridnya tak mencapai nilai standard, siswa yang gundah memikirkan puluhan paket soal. Kali ini tim Gdubrak berhasil menculik *jiah menculik* seorang siswi cantik berprestasi dari SMA N 1 Gianyar. Dia akan bercerita tentang galaunya menempuh UN bak menunggu kekasih pujaan hati datang kepadanya. *Psstss… #TalentGdubrak kali ini Jomblo loo!

Sutradara handal di masa depan

Halo Yuni *kedip-kedip mata* Gimana kabar? *basa basi* Kamu lagi sibuk apa nih? boleh ngobrol sebentar saja? Ada yang marah ga? atau kamu lagi pergi dengan seseorang? *KEPLAK!*

Oke kembali ke topik.

Kita mau bikin edisi spesial pasca UN nih. Nah kamu “beruntung” jadi sasaran wawancara kami. (hahahaha ketawa kegirangan)
Dik Yun *Ciyeee panggilan sayang nie ya* Dengar-dengar UN kali ini ada 20 paket soal berbeda ya? Gimana perasaan kamu mengetahui hal tersebut?
Iya Kak. (Duh dipanggil kakak) Sebelum UN Yuni ga pernah bisa tidur. Tidur cuma beberapa jam. Saking hebatnya sampai mimpiin soal-soal matematika plus ga bisa jawab!
(oke kalau mau dimimpiin sama Dik Yun, jadi muka kita harus seseram soal Matematika Brakz! okesip)
Waktu itu ngerasa tertekan Kak. Ditambah lagi ada statement kalau tingkat kesulitan dinaikin. Pas UN jelas deg-degan. Tapi i’ve done my best. Dibandingin soal tahun sebelumnya, Yuni akui soal tahun ini keren abis.

Hah, keren kayak gimana tuh? Terus kamu ada persiapan khusus untuk menghadapi UN kali ini?
Persiapan khusus jelas ada. Dari jauh hari mulai buat grup belajar sama teman, rutin bimbel (bimbingan belajar), dll. Selain itu Yuni stop berenang plus ngurangin aktivitas lainnya.

Stop jadwal pacaran juga dong? (MODUS. *pertanyaan Pamungkas)
Stop PDKT Kakak. Maklum jomblo semokss (anyway kami tidak bisa mengartikan apa itu jomblo semokss)

Lho lho lho jadi jomblo nih. Jomblo dalam rangka hadapi UN atau memang jomblo dari dulu? *ketawa girang*
Jombloo dari dulu nih Kak. Kasian ya Yuni. Hikss….Cariin donk!

Hahaha jaminan deh, setelah profilmu naik di gdubrak.com akan banyak yang jatuh hati padamu, hahaha. (Ya minimal orang dalam lah ya akan kecantol sama senyum kamu yang bikin diabetes itu *saking manisnya*)
Oke pertanyaan selanjutnya
apa kriteria pacar idamanmu?
Waahh asiikk ga sabar kak. Aduhh kalau kriteria jelas dia lebih dewasa pemikirannya. Yuni suka cowok pemimpin. Bagi yuni mereka bisa menginspirasi yuni untuk be better. Humoris dan ga gampang ngeluh dan pintar.

Terus seperti apa kamu memaknai sebuah hubungan dalam tahapan pacaran?
Pacaran itu suatu komitmen, bukan hanya sekadar iseng-iseng. Ga hanya berlandaskan ‘gue naksir elo.. mau ga jadi pacar gue’. Melainkan dari jenjang pacaran itu kita harus belajar jadi pribadi yang dewasa. Ga gegabah dalam membuat keputusan tak hanya soal hubungan tapi juga atur waktu, karier dan keluarga. Karena Yuni anak SMA, pacaran sih sah-sah saja, asal pacaran sehat. Nah dari pacaran itu kita bisa juga belajar saling mengerti, memahami perasaan seseorang bahkan diharapkan perasaan semua orang.

Wah Yuni udah bijak aja nih. Pastinya yang naksir banyak ya? ada kejadian seru dg PDKTan Yuni selama ini ga? hahaha *makin kepo*
Aduh kakak. Nanya soal PDKT ^^ .. PDKT lumayan seru kak. Tpi ngeselinnya banyak. Ujung-ujungnya Yuni ngerasa ga cocok. *Duh free pukpuk*

Huahahaha baiklah sebelum kamu tambah galau. Balik lagi ke kegiatanmu. Sebagai ketua teater apa tantanganmu untuk tetap eksis di sekolah selain berkecimpung di dunia akademik?
Seperti ikon Dosman “MALINI”, Mengalir melalui ilmiah dan seni kami rajin ikut lomba teater, baca puisi, dan juga mempererat silahturahmi dengan anggota dan alumni.

Seru juga ya dengan dunia teatermu. Lalu apa cerita paling seru saat kalian pentas?
Kejadian seru banyak banget. Oke ambil saja satu contoh, di Medan. Nah kami membawakan judul “Pidato 7 Menit” karangan Hendra Utay. Karena kriteria lomba harus ada nilai sosial budaya, jadi kami menampilkan Barong. Kebetulan yang jadi barong Yuni (si body kecil) dan 1 teman Yuni. Karena Barongnya cukup berat dan sangat gelap, Yuni tersandung! Mendadak Barongya lompat-lompat. Dan untung improvisasi itu malah dianggap nilai plus sama juri. Bangga deh bisa membawa filosofi barong Rwa Bhineda keluar Bali.

Teater menjadikan hidup makin berwarna

Hahaha kami bayangin itu momen gdubrak bgt deh Dik Yuni, Hahaha.
Ga bohong kan Kak bayanginnya? Soalnya Yuni ga pandai menceritakan sesuatu. Hihihi
(Tenang Dik, kamu akan dapat kursus bercerita bersama tim kami, gratis! selama kamu masih Jomblo)

Anyway, kapan sih pengumuman hasil UN?
Kira-kira 20 Mei Kak, eh lupa. Doain ya Kak, biar lulus dengan nilai memuaskan. Sementara nunggu Yuni tetap belajar untuk SBMPTN, latihan teater untuk lomba tanggal 29 nanti, terus selfie deh sama teman-teman. (The last answer is really GDUBRAK)

Masih terkait dengan UN, kan banyak ada isu tentang kecurangan (sebar jawaban, SMS, dll) menurut kamu gimana tuh?
Namanya juga humor Kak. Segala humor pasti ada.. mulai kode di lembar soal ga sama degan LJUN, tingkat kesulitan tinggi bahkan kunci jawaban. (Bentar..bentar ini yang lucu/humor dibagian mana? *editor bingung)
*masih pertanyaan yang sama*
Jadi gini, jawaban yang kesebar itu kita ga tahu kebenarannya. Masak baru dapat jawaban langsung dibuat. Nyari mati namanya. Jadi tergantung kitanya. Kita percaya atau engga.. tapi sejauh ini dan bahkan selesai UN kami mnerjakan soal sesuai kemampuan dan berkeyakinan kalau kami pasti lulus

Tapi Dik Yuni setuju ga sih dengan kecurangan-kecurangan itu?
Namanya juga curang Kak gimana setuju. Sedihnya UN sangat berpengaruh terhadap nilai akhir padahal seharusnya dinilai dari proses belajar sehari-hari.

Kalau seandainya ‘yang diatas’ baca artikel ini. Apa yg pengen Dik Yuni sampaikan terkait pelaksaan UN ini?
Kami berharap isu-isu miring soal UN disikapi, agar tidak mengganggu konsentrasi dan psikologis siswa. Isu mengganggu seperti akan ada soal yang kurang, jawaban tidak terbaca, tingkat kesulitan soal mohon dipertimbangkan lagi, 20 paket sudah cukup membuat kami mandiri. Kami merasa terbebani, apalagi banyak yang merasa kekurangan waktu mengerjakan.

Dik Yuni ada pesan untuk mereka yang sama-sama sedang menunggu hasil akhir UN?
Yuk kita manfaatin waktu luang, setelah UN bukan berarti kita bebas dari rintangan. Melainkan tantangan didepan senantiasa menunggu. Jangan lupa berdoa biar lulus UN dan lulus di universitas idaman.

Okay, Terakhir apa pesan untuk anak muda Bali?
Untum anak muda Bali, yuk kita eksplor bakat kita. Bakat itu bukan hanya anugrah sejak lahir, tapi bisa diasah. Tetap jadi muda mudi Bali yang sopan dan manis.

Wah, betul banget semoga Dik Yuni juga tetap Manis dan Jomblo ya *eh* *getok panci*

Baiklah, demikian dulu wawancara kami dengan Dik Yuni, jika kalian ingin berkenalan lebih lanjut silakan berikan komentar di tulisan ini. Segala bentuk PDKT dengan #TalentGdubrak dikenai biaya pajak perkenalan sebesar 10% dari jajan saat ngedate pertama.
Salam Gdubrak!

Anak Muda Bali harus Tetap Manis! Go Go Go!

BIODATA SINGKAT
Nama lengkap: Wayan Yuniari
Akun FB: Yuni Ari
Akun twitter: Im_yuniari
Boleh diisi akun sosmed yg lain: Line,IG,BBM : im_yuniari
Hal yang paling disukai: Fotografi, teater (sastra)
Hal yang paling dibenci: Ngeluh

Prestasi
Juara 2 Story Telling Kab. Gianyar.
Wakil Bali FLS2N 2012-2013 bidang teater
Nominasi Sutradara terbaik Pentas Drama Orang Kasar
Juara 3 lomba teater Pengamalan Pancasila Se Bali Tahun 2012
Juara harapan 2 FlS2N medan, 2013 bidang teater
Juara 1 lomba Teater Modern Kab. Gianyar tahun 2013

gdubrak

awas licin, banyak ide mengalir

More Posts

baca artikel lainnya:

Calon Dokter Pecinta Bokong Semok Dangdut Koplo
Akhirnya Lepas Juga Dari SMP
Anak Muda Harus Berani Membuka Diri
Martin Dano: Foto Sama Pacar Saja Masih Editan
starlight 190x190
ad space

follow @twitgdubrak