//
you're reading...

chitchat

Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Nyepi

Nyepi *dan kemudian hening*

Nyepi merupakan perayaan pergantian tahun baru saka bagi Umat Hindu yang walaupun disebut sebagai pergantian tahun baru, situasi Nyepi beda banget dengan perayaan tahun baru pada umumnya. Sesuai dengan namanya, Nyepi yang berarti Sepi. Ada empat pantangan yang tidak boleh dilakukan saat Nyepi, di Bali dikenal dengan nama Catur Brata Penyepian. Keempat larangan itu adalah Amati Geni (tidak menyalakan api), Amati Karya (tidak bekerja), Amati lelungaan (tidak bepergian) dan Amati lelanguan (tidak bersenang-senang).

Saat Nyepi kalian nggak bakal nemu kembang api ataupun musik hingar bingar hingga pagi. Tapi, sehari sebelum Nyepi (Ngrupuk), kita bisa menyaksikan warga berduyun-duyun berkeliling desa membawa obor dan ogoh-ogoh sambil memukul kentongan. Keriuhan malam ngrupuk akan ziiiink….setelah esok harinya bagian bumi khususnya di Bali akan rehat dari aktivitas biasanya selama 24 jam. Mari kita istirahatkan bumi kita sejenak…

Nyepi ini hebat lho. Jangan heran, satu-satunya bandara yang tutup selama 24 jam hanya ada di Bali. Dahsyat kan? Nah, bagi kawan-kawan yang belum terbiasa dengan Nyepi, nih kami kasih tips untuk melewatkan hari raya Nyepi. Terutama buat kawan-kawan yang beragama lain dan baru pertama kali ada di Bali. Kalian harus merayakan Nyepi sendirian di kos tanpa satu teman yang menemani.

Daripada menggalau dan meracau nggak jelas, tips ini juga bisa dipraktekkan agar kalian tidak menjadi headline di Koran lokal Bali karena melanggar aturan yang ditetapkan(emangnyee mau jadi seleb dadakan?) . Nih hal-hal yang bisa kalian lakukan saat Nyepi…

1. Jangan berkeliaran di luar rumah

Ini penting dan wajib ditaati. Jangan sekali-kali kalian melakukan kegiatan ini. Meskipun menurut kalian hari ini sangat aman untuk latihan mengemudi atau kayang di Renon, tolong jangan lakukan itu. Diam saja di rumah. Kalian nggak mau kan ditangkap dan jadi berita hanya karena kekonyolan macam ini?

Baiklah, kalau kalian sudah janji menerapkan tips ini, kalian bisa melanjutkan ke tips yang kedua. Tapi kalau kalian tetap nekat. Berhenti saja, karena kalian sudah dipastikan akan melewati Nyepi di pos pecalang.

2. Siapkan stock makanan yang cukup

Ini penting. Jangan sampai kalian kelaparan hanya karena tidak bisa keluar rumah membeli makanan. Ingat, saat Nyepi tidak ada aktivitas apapun di luar rumah. Aktivitas yang diijinkan hanya untuk kondisi darurat seperti sakit atau melahirkan. Di luar itu, wajib kalian tinggal di dalam rumah.

Karena itu, pastikan sehari sebelumnya kalian sudah menyiapkan cadangan makanan. Jika kalian memiliki kompor atau pemasak makanan, bisa beli bahan makanan mentah. Tapi jika kalian anak kos-kosan kere, belilah makanan yang awet. Misalnya roti, ginseng, camilan, kacang, buah dan jangan sampai menyusahkan orang lain deh saat Nyepi. Ribet.

3. Baca Buku

Alamak kalo tips yang ini mungkin agak susah ya, tapi kudu dicoba. Jika hari-hari biasanya kalian lebih banyak mobiling, coba deh saat nyepi ambil 1 buku kemudian baca. Syukur-syukur ini bisa jadi kebiasaan selanjutnya. Selain baca buku bisa juga baca jurnal-jurnal ilmiah, jadi ketika kalian ketemu dengan teman keesokan harinya kalian bisa ngobrolin isinya sama si gebetan. *biar keliatan lebih intelek coy!*

4. Ngerjain tugas

Nih, biasanya kalo udah mau libur ‘agak’ panjang tugas kampus atau tugas sekolah pasti bakalan numpuk. Kalo biasanya banyak hambatan saat ngerjain tugas (ya semisal karena sibuk nongkrong di lapangan Renon, atau sibuk ngeracing (anak racing gitu lhoo), sibuk nonton film Korea) saat Nyepi adalah saat yang tepat buat ngerjain tugas. Suasana bakal hening, tak ada knalpot broonk, nggak ada tukang bakso lewat sehingga kamu bisa konstentrasi ngerjain tugas.

5. Belajar, menulis dan berdoa

Kegiatan ini positif. Kalian punya waktu luang untuk belajar. Seharian dah kalian bisa pelototin buku pelajaran atau ngecek kontak di hape. Siapa yang perlu dibuang. Siapa yang rajin broadcast. Apakah gebetan masih memakai nomor yang lama. Apakah calon gebetan sedang memikirkan kita (lho kok malah curhat?).

Kalian juga punya banyak waktu luang untuk menulis atau membaca. Pergunakan waktu ini sebaik-baiknya. Nggak setiap hari kalian punya waktu merenung. Malam hari, kalian bisa berzikir. Suasana sepi, tidak ada cahaya dan pikiran tenang. Janji sorga deh buat kalian yang melakukan ini.

6. Siapkan stock film memadai

Karena biasanya saluran TV dan Radio off saat Nyepi, kalian perlu cerdas untuk menghindari kebosanan. Yeah betul banget, Rental atau minjem DVD. Pastikan stock film sudah cukup memadai untuk ditonton selama 24 jam. Jangan hanya menyewa tiga film, kalau perlu 20 film sekaligus.

Jangan sampai kalian sudah kehabisan amunisi padahal Nyepi belum lewat setengah hari. Kalian akan mati bosan. Eits tapi kecilkan volumenya yah, bila perlu OFF. Yah hitung-hitung kalian bernostalgia dengan tayangan film bisu. *dan kemudian goyang ubur-ubur*

Jadi harap perhatikan baik-baik. Yang doyan nonton bokep, kanggokan dulu sehari nggak pakai suara. Kecuali kalian nonton pake headset. Silakan dilanjut…

7. Jangan mengeluarkan statement aneh di jejaring sosial

Kalo kalian gagal menerapkan saran mulia di nomor dari kami 3 hingga 5, dan sudah kehabisan film untuk ditonton kalian masih bisa berjejaring sosial. Fiuuuh, akhirnya setelah nggak bisa berkeliaran di dunia nyata, ternyata masih bisa kelayapan di dunia maya. Tapi ada satu hal yang mesti kalian perhatikan.

Masih ingat kan dengan kasus Ibnu Rachal Farhansyah? Nah, jangan sampai kalian melakukan kebodohan seperti itu dan dijadikan public enemy sejagat dunia maya. Ngeri coy kalau sudah ngomongin SARA. Jadi, ketika kalian nulis status di Facebook atau Twitter jangan sampai menyinggung umat agama lain.

Belajar toleransi sejak sekarang. Negara kita sangat kaya akan suku, agama dan ras. Hormati setiap perayaan ibadah agama lain ya *smile*

8. Matikan sumber cahaya saat malam hari

Nah, ketika malam hari pastikan tidak ada sumber cahaya, kecuali kalian memiliki bayi. Hindari menyalakan lampu, televisi atau apapun yang menimbulkan cahaya. Termasuk menyalakan korek api untuk menghidupkan rokok. Ingat, kondisi malam saat Nyepi sangat gelap. Gelap bangeeeeet deh. Cahaya sekecil apapun akan terlihat dari kejauhan sekalipun.

Cahaya hanya akan mengundang pecalang untuk datang ke rumah kalian.

9. Pacaran

Tujuh tips di atas akan lebih afdol jika ada yang menemani. Asyik kan? Dengan pacar kalian bisa adu panco, main catur hingga main cangklong. Kalian juga bisa… ah sudahlah…

Nah, adakah kegiatan lain yang ketinggalan Gdubrak.com share ke kalian, silakan tambahkan ya….

gdubrak

awas licin, banyak ide mengalir

More Posts

baca artikel lainnya:

Hal-hal yang Sebaiknya Tidak Dijadikan Lelucon
Ketika Dedek Harus Diotak-atik
Tips Menghadapi Gempa Bumi
Tips Menghadapi Pacar yang Sedang Haid
starlight 190x190
ad space

follow @twitgdubrak